Bunda, Begini Cara Membuat Martabak Telur untuk Sarapan Keluarga

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 06:59 WIB
loading...
Bunda, Begini Cara Membuat Martabak Telur untuk Sarapan Keluarga
Siapa yang tak suka Martabak Telur? Makanan ini disukai masyarakat Indonesia. Tapi, kali ini Anda bisa membuatnya di rumah untuk sarapan dan cemilan bersama keluarga. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Di Indonesia dikenal dua jenis martabak, martabak telur yang terbuat dari campuran telur dan daging dan martabak manis, yang isinya, seperti coklat dan keju.

Cemilan ini bisa dinikmati kapan saja, termasuk saat sarapan. Nah, mengawali pagi Anda bersama keluarga, Anda bisa membuat Martabak Telur. (Baca juga: Makanan Pilihan Pasca Pemulihan COVID-19 )

Resepnya cukup mudah. Pertama, siapkan bahan yang dibutuhkan. Anda bisa lebih dulu membuat bahan kulit, kemudian membuat bahan isian dan itu tergantung selera. Apakah isinya daging ayam, daging sapi atau lainnya. Untuk membuatnya, akun Instagram @bikinmasakan berbagi resepnya.

Bahan kulit:
125 gt tepung terigu
2 sdm minyak
1/2 sdt garam
60 ml air

Bahan Isi:
150 gr daging ayam, haluskan
2 siung bawang puting, cincang halus
2 butir telur ayam
5 batang daun bawang, iris kasar
Gula, garam, lada dan kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat:
1. Kulit: Campur tepung, minyak dan garam, aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit, uleni sampai kalis. Bagi adonan menjadi 2 bagian, bentuk bulat dan rendam dengan minyak goreng selama 30 menit. (Baca juga: Krystal f(x) Naikan Standar Akting, dari Petugas Militer Jadi Ibu Muda )

2. Isian: Tumis bawang putih sampai harum, masukkan ayam halus, aduk rata sampai ayam empuk dan matang. Angkat dan campurkan dengan semua bahan, aduk rata. Bagi 2 bagian sama rata dan sisihkan

3. Ambil satu adonan yang sudah di rendam, pipihkan sampai tipis dan lebar.

4. Panaskan wajan teflon, beri minyak goreng secukupnya, bentangkan lembaran kulit di atas wajan, beri isian dan lipat seperti amplop. Lakukan dengan cepat.

5. Goreng hingga kedua sisinya matang dan kecoklatan. Angkat dan potong2. Sajikan selagi panas dengan saus sambal atau cabe rawit.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2873 seconds (0.1#10.140)