Cerita Titiek Puspa yang Sempat Pasrah Melawan Kanker

Senin, 20 April 2020 - 13:09 WIB
loading...
A A A
"Disini (Jakarta) cari yang perempuan enggak ada. Yaudah aku cari disana (Singapura) dapet yang perempuan. Yaudah disana 2,5 bulan dari 1,5 sampai hampir menjadi 3. Saya proteskan. Gusti bagaimana ini? Kan saya udah 2,5 bulan disini. Bukannya turun ko malah naik?," tambahnya.

Titiek mengenang sakit yang dirasakan saat itu melebihi dari apapun. "Ia, makannya ada komplain juga. Tuhan, saya ini udah ke dokter. Mula-mula 1,5, ko sekarang malah hampir 3?. Ini apa ini maunya? Saya ini sakit, sakit sekali. Waktu itu sakitnya, saya ngelahirin anak, sakitnya enggak kaya gitu. Taroh deh ngelahirin anak 100 sama sakitnya itu, enggak ada bandingnya. Itu the whole body sakit," jelasnya.

"Enggak ngerti, itu sakit tuh, yang enggak ngerti sakitnya kaya apa. Sampe tangan, badan semua seperti ilang. Tanganku mana, badanku mana? Dipegang ini tangannya. Cuma itu aja yang terasa yang lainnya enggak," tambahnya.

Akhirnya, penyanyi kelahiran 1 November 1937 itu memilih untuk pulang ke Jakarta dan menghentikan pengobatan di Singapura. Alih-alih mengunjungi dokter untuk mengobati penyakitnya, Titiek justru memilih menjalani meditasi selama 13 hari. Ia melakukan meditasi lima jam dalam sehari.

"Kalo udah begini, Tuhan rasanya sudah tidak kepingin saya. Kalo begitu ambil saja saya. Ambil saja. Saya mau ditaruh dimana saja silahkan. Aku punyanya cuma segini. Taruh dimana aja tau enggak? Surga atau neraka. Tapi sambil nangis tu, sambil nangis teriak-teriak. Enggak taunya setengah jam kemudian, beli tiket Jakarta tomorrow in the morning," imbuhnya.

"Terus di atas kapal terbang, 'Mama di Jakarta mau ngapain? 'Enggak tau'. Masuk mobil, 'Ma aku punya temen, dia udah stroke setengah badan tapi dia ambil meditasi 13 hari sembuh lho'. Besoknya aku datang. Terus diajarin. 1 hari saya mengerjakan 5 jam," lanjutnya.

Beruntungnya, di hari ke-13 Titiek merasakan perubahan. Ia dinyatakaan sembuh oleh guru meditasinya. Untuk memastikan kondisi kesehatannya saat itu, ia kembali melakukan pemeriksaan ke Singapura dan dokter yang merawatnya pun mengatakan Titiek Puspa bersih dari kanker.

"Hari yang ke 13, saya kan kena kandungan sampe kebawah. Nah itu kandungan sampe kebawah, kaya semut 1000. Aku diem aja. Tiba-tiba aku seperti terbang, oh aku pikir aku mati nih. Disitu melihat semua indah sekali. Enggak taunya, aku merasa duduk lagi. 'Eh pak aku ko merasa terbang?' 'Ya itu artinya sembuh'. Betul saya kebelakang, saya raba-raba, enggak ada yang sakit. Pake kaca, semuanya halus seperti tidak ada luka," paparnya.

Titiek merasa senang dirinya bersih dari kanker. "Ini bener apa enggak ya? Tomorrow morning go back to Singapur. Aku ke dokter yang sama. Pas bagian kemo, dia kaget. Terus dia periksa 'Its clean'. Terus bagian radiasi clean, bagian kebidanan clean. Ok 3 bulan lagi kesini. Jadi 1 tahun aku 4 kali kesana, cek terus clean, clean. Tambah setengah tahun clean," tandasnya.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)