Rusia Klaim Vaksin Sputnik V Buatannya 90% Ampuh Lawan Varian Delta

Rabu, 30 Juni 2021 - 11:31 WIB
loading...
Rusia Klaim Vaksin Sputnik V Buatannya 90% Ampuh Lawan Varian Delta
Foto Ilustrasi/Reuters
A A A
JAKARTA - Vaksin Rusia yang bernama Sputnik V diklaim ampuh melawan varian Delta hingga 90%. Hal itu disampaikan oleh Wakil Direktur Institut Gamaleya Denis Logunov.

Virus COVID-19 varian Delta menjadi kekhawatiran banyak negara saat ini. Kasusnya terus ditemukan dan tak sedikit yang menyebabkan keparahan pada pasien, bahkan meninggal dunia. Upaya mencari solusi perlu dilakukan segera agar korban tidak terus berjatuhan.

Vaksinasi menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menekan penyebaran varian Delta ini. Semakin banyak orang yang mendapat vaksinasi, maka semakin kecil risiko untuk penyebaran di masyarakat.



Nah, belum lama ini vaksin Rusia yang bernama Sputnik V diklaim ampuh melawan varian Delta hingga 90%. Hal itu disampaikan oleh Wakil Direktur Institut Gamaleya Denis Logunov.

Ini menambah catatan baik vaksin Sputnik V asal Rusia terhadap keefektifannya melawan COVID-19. Sebelumnya klaim dilayangkan perusahaan bahwa vaksin Sputnik V 92% efektif melawan COVID-19 secara umum.

"Angka kemanjuran yang kami dapatkan ini berdasarkan informasi dari catatan medis digital dan catatan vaksinasi," kata Logunov, dilansir dari Reuters, Rabu (30/6).



Sejatinya, tak hanya vaksin Sputnik V yang ampuh melawan varian Delta yang pertama kali teridentifikasi di India itu. Vaksin AstraZeneca dan Pfizer pun mengeluarkan klaim yang sama. Namun, dengan persentase keefektifan yang berbeda.

AstraZeneca diketahui ampuh melawan varian Delta dengan persentase 92%, sedangkan Pfizer lebih tinggi yaitu 96%. Dengan data ini, diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir mengenai perlawanan terhadap varian Delta yang mengganas di banyak negara.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)