Cara Olah Daging Sapi Berdasarkan Jenis Potongan untuk Idul Adha

Selasa, 20 Juli 2021 - 06:30 WIB
loading...
A A A
Bagi masyarakat Bugis, iga sapi ini sering dibuat menjadi sop konro. Selain itu juga untuk bahan pembuatan soto, semur, dan bahkan barbeque. Sama seperti potongan buntut, potongan iga bertulang juga memerlukan waktu memasak yang cukup panjang untuk mengempukkan dagingnya.


5. Paha depan

Merupakan potongan daging yang berasal dari bagian bahu dan punuk sapi dan kerap dikenal juga dengan nama blade atau chuck. Potongan daging bagian ini memiliki kandungan lemak dan kolagen yang cukup tinggi sehingga membuat potongan daging ini kaya rasa. Teksurnya kasar dan sedikit berurat sehingga butuh waktu yang lama untuk memasaknya. Biasanya digunakan untuk membuat sup, semur, rendang, bakso, hingga abon.

6. Sandung lamur

Berasal dari bagian dada sapi dan memiliki kandungan lemak cukup tinggi sehingga mampu menghasilkan cita rasa gurih dan daging yang empuk. Cocok digunakan untuk membuat kaldu atau hidangan berkuah seperti, soto, rawon, dan bakso.

7. Sengkel

Sengkel merupakan bagian betis sapi yang tinggi akan kandungan kolagen dan rendah lemak. Untuk mendapatkan tekstur daging yang lembut, potongan daging ini memerlukan waktu pemasakan yang cukup panjang. Olah potongan daging ini menjadi hidangan kari, semur, sup, soto, dan hidangan lain yang menggunakan metode masak secara perlahan.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2264 seconds (0.1#10.140)