Cara Menyembuhkan Luka Operasi Caesar yang Berlubang atau Infeksi

Selasa, 05 Oktober 2021 - 20:47 WIB
loading...
A A A
4. Escherichia Coli

5. Proteus Mirabilis



Selain itu banyak masyarakat yang juga mengira infeksi luka yang terkadi paska-operasi caesar disebabkan oleh komplikasi lain, seperti:

1. Hematoma

Hematoma adalah kantong darah yang terbentuk di sekitar luka.

2.Seroma

Seroma adalah kantong cairan yang dapat terbentuk di sekira luka.

3.Dehiscence

Luka yang terjadi ketika jaringan pada luka terpisah di sepanjang garis sayatan.

Hematoma dan Seroma lebih seriang terjadi ketika luka bekas sayatan diregangkan atau ditekan. Infeksi ini memengaruhi sekira 2%-5% wanita paska-operasi caesar.

Cara Mengobati

Dokter dapat mengobati sebagian besar infeksi luka paska-operasi caesar. Setidaknya sebagian perawatan dilakukan dengan pemberian antibiotik. Jenis antibiotik spesifik tergantung pada jenis bakteri yang menyebabkan infeksi. Infeksi yang kurang parah atau superfisial seperti selulitis, cenderung sembuh dengan satu atau dua terapi antibiotik.

Jika cairan mengalir dari luka, atau luka justru melebar bukannya menutup, dokter mungkin akan merekomendasikan untuk menghilangkan abses dan cairan yang terinfeksi. Jika dokter menemukan jaringan mati di luka, maka akan dikupas dan mengikis lapisan jaringan mati sampai mereka menemukan jaringan yang sehat.



Selama prosedur ini, dokter juga akan memeriksa untuk memastikan bahwa jaringan di area tersebut sehat. Setelah operasi, dokter akan memberikan antiseptik pada area tersebut dan menutupinya dengan kain kasa.

Beberapa jenis kain kasa memiliki sifat antimikroba yang membunuh bakteri dan mencegah infeksi lebih lanjut. Perawat akan memantau luka dari tanda-tanda infeksi atau perubahan gejala. Setelah kembali ke rumah, orang terdekat pun harus memantau infeksi tersebut secara rutin.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1558 seconds (0.1#10.140)
pixels