6 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri, Tak Melulu Serangan Jantung

Selasa, 26 Oktober 2021 - 12:46 WIB
loading...
A A A

4. Gerd

Gerd atau refluks gastroesofagus merupakan penyakit pencernaan yang dapat menjadi penyebab nyeri dada sebelah kiri. Gejala utama gerd adalah sering mulas. Selain itu, gerd juga dapat menyebabkan nyeri dada, batuk, mengi, dan kesulitan menelan.

5. Cedera

Penyebab nyeri dada sebelah kiri lainnya adalah cedera. Umumnya, rasa nyeri tersebut disebabkan oleh otot yang tertarik, tegang, atau terkilir di dada atau di antara tulang rusuk. Setiap cedera pada dada dapat menyebabkan nyeri. Mulai dari memar pada dinding dada, patah tulang dada, dan tulang rusuk yang patah.

6. Masalah Paru-Paru

Terakhir adalah masalah paru-paru yang bisa menjadi penyebab nyeri dada sebelah kiri. Rasa sakit yang tiba-tiba dan tajam di kedua sisi dada Anda bisa jadi akibat paru-paru yang kolaps atau pneumotoraks.

Hal ini dapat disebabkan oleh penyakit atau dari trauma pada dada. Selain itu, pneumonia atau radang paru-paru, hingga kanker paru juga bisa memberikan efek serupa pada tubuh, dengan gejala yang berbeda-beda.

Bila Anda kerap mengalami nyeri dada sebelah kiri, sebaiknya Anda segera mencari pertolongan dan berobat ke dokter. Sebab, jika tidak ditangani kemungkinan bisa berakibat fatal.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3283 seconds (0.1#10.140)