Wajib Tahu! Ini Beragam Manfaat Vitamin D untuk Wanita Menopause

Rabu, 27 April 2022 - 19:29 WIB
loading...
A A A
Menurunnya kadar estrogen dan progesteron selama menopause bisa memengaruhi suasana hati. Pada beberapa orang, kondisi ini pun dapat meningkatkan risiko depresi.

Awas, depresi adalah masalah kesehatan mental yang berbahaya, lho! Pasalnya, kondisi ini membuat semangat hidup Anda meredup. Tidak jarang, penderita depresi juga memiliki keinginan untuk mengakhiri hidup.

Agar tidak mengalaminya, Anda sebaiknya mengonsumsi vitamin D secara rutin. Melansir Verywell Health, vitamin D terbukti bisa meningkatkan suasana hati. Jenis vitamin ini dapat pula meningkatkan kinerja kognitif, sehingga depresi bisa teratasi.

Menurut dr. Devia Irine Putri, manfaat tersebut karena vitamin D bisa berperan sebagai antioksidan. Artinya, vitamin ini bisa memperbaiki fungsi otak sehingga mampu mengurangi risiko dan gejala depresi.

3. Menjaga Kadar Gula Darah

Sebagaimana dilansir The Atlanta Journal Constitution, estrogen dan progesteron memengaruhi kemampuan sel tubuh merespons insulin.

Oleh karena itu, adanya perubahan kadar hormon tersebut saat menopause dapat membuat kadar gula darah tidak stabil.

Pada kondisi ini, penggunaan vitamin D dianggap bisa membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Karenanya, risiko resistensi insulin juga bisa diturunkan. Artinya, kemungkinan untuk mengemban diabetes tipe 2 juga lebih minimal.

4. Menjaga Berat Badan

Menopause menyebabkan penurunan kadar estrogen. Hal ini bisa memicu munculnya keinginan untuk makan lebih banyak, sekaligus membuat Anda malas bergerak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)