Wajib Tahu! Ini Beragam Manfaat Vitamin D untuk Wanita Menopause

Rabu, 27 April 2022 - 19:29 WIB
loading...
A A A
Apabila kondisi tersebut dibiarkan begitu saja, bukan tidak mungkin jika Anda akan mengalami kenaikan berat badan yang berujung pada obesitas.

Nah, untuk menurunkan risiko tersebut, Anda sebaiknya mengonsumsi vitamin D secara rutin dan teratur. "Vitamin D bisa membantu mencegah obesitas setelah menopause," kata dr. Devia.

"Namun, jangan hanya bergantung pada vitamin D saja. Anda tetap perlu menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat. Anda pun perlu berolahraga secara teratur agar berat badan tetap stabil," lanjutnya.

5. Menurunkan Risiko Hipertensi

Perubahan hormon selama menopause bisa menyebabkan peningkatan berat badan. Hal tersebut dapat pula membuat tekanan darah lebih sensitif terhadap garam dari makanan.

Kondisi demikian membuat wanita menopause lebih rentan mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sebagai solusinya, Anda dapat mengonsumsi vitamin D, baik dari makanan maupun suplemen.

Studi yang dipublikasikan di Cureus menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D dan kalsium bisa menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Sayangnya, cara tersebut tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Pasalnya, penderita batu ginjal tidak boleh mengonsumsi suplemen kalsium.

Wanita sehat yang tidak memiliki riwayat gangguan ginjal juga perlu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium. Hal ini bertujuan agar manfaatnya bisa tepat sasaran.

Vitamin D bisa Anda dapatkan dari makanan sehari-hari dan paparan sinar matahari pagi. Jika ingin mendapatkan vitamin D dari suplemen, Anda mesti berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7353 seconds (0.1#10.140)