Ini Berbagai Manfaat Vitamin B3 untuk Kesehatan Tubuh

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:13 WIB
loading...
A A A
Namun, dosis tersebut dinilai dapat meningkatkan risiko efek samping atau berpotensi berbahaya. Karena itulah, niasin bukanlah pengobatan kolesterol tinggi yang utama.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu peran niasin di dalam tubuh adalah melepaskan prostaglandin, yaitu bahan kimia yang dapat membantu pembuluh darah melebar, mengurangi tekanan darah, dan meningkatkan aliran darah.

Karena kegunaannya tersebut, niacin dinilai dapat berfungsi dalam pencegahan atau penanganan untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Studi pada 12.000 orang dewasa yang diterbitkan jurnal JAMA Network menemukan, setiap peningkatan 1 mg asupan niasin harian dinilai berpengaruh dalam penurunan risiko tekanan darah tinggi sebanyak 2 persen.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan manfaat vitamin B3 untuk tekanan darah tinggi.

3. Menangani Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun ketika sel tubuh mulai menyerang dan menghancurkan sel-sel pembuat insulin di pankreas.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetic Medicine menunjukkan, niasin dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dan menurunkan risiko diabetes tipe 1 pada anak-anak yang memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ini.

4. Meningkatkan Fungsi Otak
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2319 seconds (0.1#10.140)