Punya Segudang Manfaat, Apakah VCO Mengandung Kolesterol?

Rabu, 03 Agustus 2022 - 08:09 WIB
loading...
A A A
Sebenarnya, VCO memiliki manfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Kolesterol sering dihubungkan dengan berbagai penyakit, padahal tidak semua kolesterol itu jahat. Kolesterol yang dibawa oleh protein dalam darah disebut dengan lipoprotein.

Terdapat dua jenis lipoprotein yaitu HDL (high-density lipoprotein) atau kolesterol baik dan juga LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat. VCO bertugas untuk meingkatkan kadar HDL dalam darah. Selain mampu menaikkan HDL, VCO juga bisa mengubah LDL agar menjadi tidak terlalu berbahaya.



Kolesterol jahat sering kali dihubungkan dengan sistem metabolisme tubuh dan juga penyakit jantung. Kemampuan VCO yang terbukti dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat justru dipercaya sangat baik untuk kesehatan jantung.

Namun, minyak kelapa yang memiliki ‘kasta terendah’ biasanya telah terhidrogenasi sebagian agar minyak ini lebih awet ketika disimpan. Proses pembuatan minyak kelapa jenis ini menghasilkan lemak trans yang justru berbahaya bagi kesehatan. Jadi, tidak semua minyak kelapa menyehatkan tubuh Anda.

Karena itu, mengonsumsi minyak VCO sebaiknya tidak boleh berlebihan, karena VCO juga mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh (LDL). Meningkatnya kadar kolesterol jahat dapat menghambat aliran darah di pembuluh darah dan memicu kemunculan penyakit kronis seperti sakit jantung, stroke, dan diabetes.

Selain itu, kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah menjadi faktor risiko penyakit hipertensi yang disebabkan karena terjadinya sumbatan akibat plak kolesterol di pembuluh darah perifer yang mengurangi suplai darah ke jantung.

Jadi, meskipun memiliki manfaat karena kandungan kolestrol baiknya, sebaiknya Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsi VCO agar tidak menimbulkan kolesterol jahat.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)