Apakah Pola Makan Pengaruhi Sistem Imun Tubuh? Ini Penjelasan Ahli

Rabu, 21 Desember 2022 - 11:17 WIB
loading...
Apakah Pola Makan Pengaruhi Sistem Imun Tubuh? Ini Penjelasan Ahli
Pola makan sehari-hari bisa mempengaruhi sistem imunitas di dalam tubuh. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Pola makan sehari-hari bisa mempengaruhi sistem imunitas di dalam tubuh. Karena itu, penting untuk memperhatikan asupan harian kita agar daya tahan tubuh tetap terjaga, terlebih di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Menjaga imunitas sangat penting mengingat virus akan mudah menyerang ketika kekebalan tubuh menurun. Menurut Ahli Gizi DR. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, ketika pandemi, risiko terjadinya penurunan imunitas justru tinggi. Hal itu disebabkan oleh kebiasaan makan kita yang tidak berubah sebelum dan pada saat pandemi.

"Jadi kebiasaan pola makan sebelum pandemi masih diteruskan pada saat pandemi. Di mana kebiasaan masyarakat kita adalah mengonsumsi makanan tinggi gula, garam, dan lemak jenuh," kata DR. Rita dalam webinar kesehatan yang diselenggarakan oleh PT Ajinomoto Indonesia, belum lama ini.



Lantas, apa hubungan antara kebiasaan makan dengan imunitas tubuh?

DR. Rita menjabarkan, di dalam tubuh manusia terdapat zat yang memberi pengaruh berbeda terhadap tubuh itu sendiri, yakni karbohidrat. Kita tahu karbohidrat mengandung energi yang diperlukan oleh tubuh. Namun, harus diingat pula bahwa di dalam karbohidrat terkandung pula gula. Nah, ketika konsumsi gula ini berlebihan, produksi insulin akan terpicu peningkatannya.

"Produksi insulin yang meningkat akan mencetuskan terjadinya peradangan yang selanjutnya mempengaruhi kesehatan pembuluh darah," ujar DR. Rita.

Gula juga memiliki kemampuan untuk membentuk ikatan glikasi (ikatan antara gula dan kolagen) yang bakal menghalangi vitamin C masuk ke dalam sel, sehingga sel tubuh mudah mengalami serangan radikal bebas.

Selain itu, gula ternyata juga sangat disukai oleh mikroba patogen yang merusak. Sebab gula merupakan makanan bagi mikroba patogen di dalam usus, sehingga jumlahnya bisa meningkat dan akan menekan mikrobiota yang bersifat positif.

"Kita sudah sangat paham bahwa di usus ada dua mikroba, yaitu patogen dan mikrobiota. Keduanya hidup berdampingan. Jika mikrobiota di dalam tubuh proporsinya 70 persen dan patogen 30 persen, itu baik. Tapi kalau sebaliknya, maka sangat mudah bagi tubuh mengalami infeksi," papar DR. Rita.



"Jadi kalau makan gula berlebih, mikroba patogen akan semakin banyak," tandasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2036 seconds (0.1#10.140)