Ini Makanan dan Minuman Terbaik yang Bikin Tidur Nyenyak

Senin, 09 Januari 2023 - 12:40 WIB
loading...
Ini Makanan dan Minuman Terbaik yang Bikin Tidur Nyenyak
Beberapa makanan dan minuman memiliki sifat meningkatkan tidur. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Tidur nyenyak sangat penting bagi kesehatan karena memiliki berbagai manfaat. Antara lain bisa mengurangi risiko terkena penyakit kronis tertentu, menjaga kesehatan otak, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Setiap orang biasanya disarankan tidur antara 7 sampai 9 jam tanpa gangguan setiap malam, meski banyak orang yang kesulitan untuk mendapatkan tidur yang cukup.

Untuk meningkatkan kualitas tidur, ada sejumlah strategi yang bisa dilakukan, termasuk mengubah pola makan. Sebab beberapa makanan dan minuman memiliki sifat meningkatkan tidur.



Berikut sederet makanan dan minuman terbaik yang bisa meningkatkan kualitas tidur, seperti dilansir dari Healthline, Senin (9/1/2023).

1. Kalkun

Ayam kalkun merupakan hewan yang tinggi protein. Kalkun panggang menyediakan hampir 8 gram protein per 28 gram, di mana protein sangat penting untuk menjaga kesehatan otot dan mengatur nafsu makan.

Selain itu, daging ayam kalkun mengandung beberapa vitamin serta mineral seperti riboflavin dan fosfor. Selain itu, kalkun juga merupakan sumber selenium yang sangat baik.

Kalkun memiliki beberapa khasiat yang menjelaskan mengapa beberapa orang menjadi lelah setelah memakannya, atau menganggapnya mendorong kantuk. Protein dalam kalkun juga bisa berkontribusi pada kemampuannya untuk meningkatkan kelelahan. Ada bukti bahwa mengonsumsi protein dalam jumlah sedang sebelum tidur, berkaitan dengan kualitas tidur yang lebih baik.

2. Teh Kamomil

Teh Chamomile merupakan teh herbal populer yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Teh satu ini terkenal dengan flavonnya, yang merupakan golongan antioksidan yang mengurangi peradangan yang mengakibatkan penyakit kronis seperti kanker dan jantung.

Selain itu, ada juga beberapa bukti bahwa meminum teh chamomile dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kecemasan dan depresi, hingga meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, teh kamomil memiliki beberapa khasiat unik yang meningkatkan kualitas tidur.

Chamomile juga mengandung apigenin, antioksidan yang mengikat reseptor tertentu di otak yang bisa meningkatkan rasa kantung dan mengurangi insomnia.



3. Almond

Almond merupakan jenis kacang yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Almond memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Mengonsumsi almond secara teratur juga dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Hal itu dikaitkan dengan lemak tak jenuh tunggal yang sehat, kaya akan serat dan antioksidan. Almond dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, karena kacang almond dan beberapa jenis kacang lain merupakan sumber hormon melatonin. Melatonin dikenal bisa mengatur jam internal Anda dan memberi sinyal pada tubuh untuk bersiap tidur.

Almond juga kaya akan magnesium, yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, khususnya bagi mereka yang mengalami insomnia

4. Kiwi

Kiwi merupakan buah rendah kalori dan sangat bergizi, karena mengandung vitamin C dan vitamin K yang dibutuhkan setiap hari. Kiwi juga mengandung folat, mineral, serta potasium dalam jumlah yang layak. Menurut penelitian tentang potensi untuk meningkatkan kualitas tidur, kiwi bisa menjadi salah satu makanan terbaik untuk dimakan sebelum tidur.

Pada sebuah studi, orang dewasa yang mengonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur setiap malam, akan tertidur lebih cepat dibanding tidak makan apa pun sebelum tidur. Selain itu, kemampuan mereka untuk tidur sepanjang malam tanpa terbangun juga meningkat 5 persen, dan total waktu tidur mereka meningkat sebanyak 13 persen.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5568 seconds (0.1#10.140)