8 Gejala Diabetes hanya Muncul di Pagi Hari, Waspada Kesemutan

Rabu, 12 Juni 2024 - 05:00 WIB
Penderita diabetes akan terbangun beberapa kali di malam hari untuk buang air kecil, sehingga kandung kemih mereka penuh di pagi hari.

4. Kelelahan Pagi Hari



Kelelahan yang terus-menerus saat bangun tidur bisa menjadi tanda diabetes. Kadar gula darah yang tinggi dapat menghalangi tubuh menggunakan glukosa secara efisien untuk energi. Selain itu, sering buang air kecil di malam hari dapat mengganggu tidur, menyebabkan kelelahan di pagi hari.



5. Sakit Kepala



Sakit kepala di pagi hari bisa menjadi gejala diabetes. Sakit kepala ini bisa disebabkan oleh kadar gula darah tinggi atau kadar gula darah rendah (hipoglikemia) yang terjadi dalam semalam. Manajemen kadar glukosa darah yang tepat dapat membantu mengatasi masalah ini.

6. Mulut Kering



Bangun dengan mulut kering adalah tanda lain dari diabetes. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan dehidrasi, karena tubuh menggunakan lebih banyak cairan untuk membuang kelebihan glukosa. Hal ini dapat menyebabkan mulut kering, terutama terlihat di pagi hari.

7. Lapar



Meskipun makan dengan baik pada hari sebelumnya, penderita diabetes akan terbangun dengan perasaan sangat lapar. Peningkatan rasa lapar yang disebut dengan polifagia ini terjadi karena sel-sel tubuh tidak mendapatkan cukup glukosa akibat resistensi insulin atau kekurangan insulin.

Akibatnya, otak memberi sinyal pada tubuh untuk makan lebih banyak sebagai upaya menyediakan energi yang diperlukan.

8. Kesemutan atau Mati Rasa



Kesemutan atau mati rasa di pagi hari pada tangan atau kaki bisa menjadi tanda awal neuropati diabetik, suatu kondisi akibat kadar gula darah tinggi yang berkepanjangan dan merusak saraf. Gejala ini lebih terlihat saat bangun tidur karena tekanan berkepanjangan pada saraf tertentu saat tidur.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More