8 Cara Mengurangi Kadar Gula pada Nasi Putih, Aman bagi Penderita Diabetes

Minggu, 18 Agustus 2024 - 15:00 WIB

2. Tambahkan Minyak saat Memasak Nasi



Menambahkan sedikit minyak kelapa atau minyak zaitun saat memasak nasi dapat membantu menurunkan indeks glikemik nasi. Minyak ini membantu memperlambat pencernaan karbohidrat, yang pada akhirnya dapat menurunkan lonjakan gula darah setelah makan. Ini juga dapat membantu membuat nasi lebih pulen dan lezat.

Tambahkan satu sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun ke dalam air rebusan sebelum memasukkan beras. Masak nasi seperti biasa.

3. Rendam Beras sebelum Memasak



Merendam beras sebelum dimasak dapat membantu mengurangi kadar pati yang cepat dicerna dalam nasi. Pati ini dapat menyebabkan peningkatan cepat dalam kadar gula darah. Dengan merendam beras selama beberapa jam atau semalaman, sebagian pati akan terlarut dalam air, sehingga nasi menjadi lebih sehat.

Rendam beras dalam air selama 30 menit hingga 1 jam sebelum dimasak. Setelah itu, bilas beras hingga bersih sebelum memasaknya.

4. Konsumsi Nasi dengan Serat Tinggi



Salah satu cara untuk mengurangi dampak gula dari nasi putih adalah dengan mengonsumsinya bersama makanan yang kaya serat, seperti sayuran atau kacang-kacangan. Serat membantu memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula ke dalam aliran darah, sehingga mengurangi lonjakan gula darah.

Sertakan banyak sayuran berserat tinggi seperti brokoli, bayam, atau wortel dalam hidangan Anda. Anda juga bisa menambahkan kacang-kacangan seperti lentil atau kacang hitam ke dalam nasi untuk menambah serat.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More