8 Cara Mengurangi Kadar Gula pada Nasi Putih, Aman bagi Penderita Diabetes

Minggu, 18 Agustus 2024 - 15:00 WIB

5. Kombinasikan Nasi dengan Protein



Mengonsumsi nasi bersama dengan sumber protein seperti daging tanpa lemak, ikan, tahu, atau tempe dapat membantu menurunkan respons glikemik nasi putih. Protein memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat, yang dapat mengurangi lonjakan gula darah setelah makan.

Tambahkan potongan ayam, ikan, tahu, atau tempe ke dalam hidangan nasi Anda. Kombinasi ini tidak hanya menyeimbangkan nutrisi tetapi juga meningkatkan rasa kenyang.

6. Gunakan Teknik Pengukusan setelah Memasak



Setelah nasi dimasak, teknik pengukusan bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar gula. Dengan mengukus nasi lagi setelah dimasak, nasi menjadi lebih pulen, dan proses pemanasan ulang dapat membantu menurunkan indeks glikemik nasi.

Setelah nasi matang, pindahkan nasi ke dalam pengukus dan kukus selama 10-15 menit. Ini membantu nasi lebih stabil dalam kadar gula.

7. Dinginkan Nasi setelah Memasak



Mendinginkan nasi setelah dimasak, kemudian mengonsumsinya dalam keadaan dingin atau setelah dipanaskan kembali, dapat membantu meningkatkan kadar pati resisten dalam nasi. Pati resisten adalah sejenis pati yang tidak dicerna sepenuhnya oleh tubuh, yang berarti ia tidak sepenuhnya diubah menjadi gula dalam aliran darah.

Setelah nasi matang, biarkan dingin pada suhu kamar, kemudian simpan di dalam kulkas selama beberapa jam atau semalaman. Nasi ini bisa dimakan dingin atau dipanaskan kembali sebelum disajikan.

8. Konsumsi Nasi dalam Porsi Kecil

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More