5 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, dari Bawang Putih hingga Alpukat

Rabu, 23 Agustus 2023 - 06:59 WIB
loading...
5 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, dari Bawang Putih hingga Alpukat
Kolesterol yang tidak terkontrol dapat menimbulkan komplikasi, seperti penyakit jantung hingga stroke. Mengatasinya dengan mengatur pola makan. Foto/ heart.org.
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi umumnya menggambarkan jumlah kolesterol yang dibawa dalam darah oleh lipoprotein densitas rendah atau LDL yang sering disebut kolesterol jahat.

Kadar LDL yang tinggi meningkatkan risiko aterosklerosis, suatu kondisi di mana endapan kolesterol , kalsium dan sel darah putih membentuk plak di dinding arteri.



Kolesterol yang tidak terkontrol dapat menimbulkan komplikasi, seperti penyakit jantung, stroke, aterosklerosis dan lainnya.

Nah, untuk mengelola kolesterol dengan baik, pola makan memegang peranan yang sangat penting. Namun, pilih makanan atau sayuran nabati rendah lemak jenuhnya dan bebas kolesterol, di mana kaya akan serat larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

1. Bawang putih

Bawang putih dapat menurunkan kolesterol dengan menghambat produksi LDL. Selain itu, bawang putih memiliki allicin – yang mengurangi LDL. Ini dianggap paling baik bila dikonsumsi mentah atau dimasak ringan.

2. Minyak nabati

Canola, bunga matahari, saffola, dan lainnya sebagai pengganti ghee, sejenis mentega, yang membantu menurunkan kolesterol.

Minyak zaitun juga membantu menurunkan kolesterol dan memiliki sifat antioksidan. Hanya empat sendok makan per hari mengurangi kejadian jantung hingga 30% dalam sebuah penelitian.

3. Kacang kedelai

Mengkonsumsi 25gm protein kedelai sehari dapat menurunkan LDL sebesar 5-6 persen. Hal ini disebabkan isoflavon, bahan kimia dasar tumbuhan untuk menurunkan kolesterol.

4. Terong dan okra

Terong dan okra adalah sayuran rendah kalori dan merupakan sumber serat larut yang baik.


5. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan membantu menurunkan kolesterol . Selain itu, memiliki serat dan Vitamin C dan Vitamin E.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0902 seconds (0.1#10.140)