10 Gejala Mata Kering yang Harus Diwaspadai dan Cara Mencegahnya

Sabtu, 16 September 2023 - 15:50 WIB
loading...
A A A
Selain itu, beberapa langkah penting lainnya adalah menghindari paparan asap rokok. Penting juga untuk memberikan istirahat mata dengan mengistirahatkannya dari layar perangkat digital setiap 10 - 20 menit dan berkedip lebih sering untuk menjaga kelembapan mata. Pemanfaatan air mata buatan (artificial tears) dapat membantu menjaga kelembapan mata secara konsisten. Suplementasi asam lemak Omega 3, baik melalui konsumsi makanan seperti ikan salmon dan sarden atau dengan suplemen.



10 Gejala Mata Kering yang Harus Diwaspadai dan Cara Mencegahnya

Foto/dok ZAF Eye Care

Terakhir, melakukan kompres hangat pada kelopak mata dengan menggunakan kapas bersih dan menjaga kebersihan kelopak mata secara rutin, baik secara mandiri atau dengan bantuan dari klinik mata, adalah langkah penting untuk mencegah dan mengelola kondisi mata kering dengan baik. Dengan mengikuti tindakan pencegahan ini, kita dapat meminimalkan risiko terkena sindrom mata kering yang dapat mengganggu kualitas penglihatan dan kenyamanan mata.

ZAF Eye Care menyediakan layanan untuk menjaga kebersihan kelopak mata dan kompres hangat dengan alat khusus yang dirancang khusus untuk perawatan mata kering. Dr. Zoraya Ariefia Feranthy, SpM, menjelaskan hal ini saat berbicara dalam acara talkshow yang diadakan di sebuah kafe di Jakarta Selatan.

“Saya sering menjumpai pasien mata kering dengan blefaritis pada praktik sehari-hari. Terutama saat udara panas dengan polusi seperti saat ini. Salah satu modalitas terapi yang perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan kelopak mata secara rutin, namun kenyataannya jarang sekali pasien yang melakukannya dirumah dengan tepat," kata Zoraya.

"Hal ini menyebabkan masalah mata keringnya berkepanjangan. Kebanyakkan alasannya karena kesibukkannya sehari-hari sehingga tidak ada waktu untuk itu. Oleh karena itu, kami (ZAF Eye Care) menyediakan layanan untuk menjaga kebersihan kelopak mata di klinik sekaligus untuk mengedukasi pasien mengenai cara membersihkan kelopak mata dengan tepat agar dapat dilanjutkan secara rutin dirumah dengan cara yang lebih sederhana," sambungnya.

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan mata kering sehingga agak sulit untuk sembuh sempurna dari mata kering, namun dengan pengobatan yang optimal, keluhan mata kering dapat dikontrol dengan baik.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2435 seconds (0.1#10.140)