5 Jenis Kurma untuk Buka Puasa dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Jum'at, 01 Maret 2024 - 16:10 WIB
loading...
A A A
Kurma mazafati biasanya berwarna hitam dan memiliki kulit tipis sehingga mudah dihilangkan. Rasanya yang sangat manis membuat kurma ini dapat digunakan sebagai pengganti gula.

Keunggulan kurma mazafati dibandingkan dengan jenis lainnya yakni mengandung lebih banyak zat besi. Dengan demikian kurma ini dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Selain zat besi, kurma mazafati mengandung fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium serta bermanfaat untuk mengembangkan sistem saraf dan menurunkan kolesterol. Adapun kandungan kalsium, magnesium, potasium, dan vitamin, seperti A, B kompleks, dan C.



3. Kurma Piarom


Kurma piarom juga berasal dari Iran, tepatnya dari daerah pegunungan di selatan negara itu. Kurma piarom memiliki ciri khas berwarna coklat tua, dengan kulit tipis dan rasa coklat.

Kurma piarom memiliki kalori lebih sedikit dibandingkan varietas kurma lainnya. Sehingga menjadikannya pilihan yang baik untuk penderita diabetes.

4. Kurma Dayri


Kurma dayri berasal dari wilayah Basra, Irak. Kurma dayri berbentuk lonjong, terdiri dari satu biji dan berdaging lembut. Warnanya coklat tua atau hitam dan tidak memiliki tekstur berserat seperti beberapa varietas kurma lainnya.

Kurma dayri memiliki rasa yang kurang manis dibanding dengan kurma lainnya.

5. Kurma Rabbi


Kurma rabbi berasal dari Iran dan merupakan salah satu produk pertanian terpenting di negara tersebut. Bentuknya panjang, lonjong, dan warna utamanya kemerahan, suatu ciri yang membedakannya dari varietas kurma lainnya.

Selain itu, kurma rabii merupakan kurma semi kering. Sehingga memiliki kadar air yang rendah dan membuatnya memiliki umur simpan yang lebih lama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)