7 Makanan yang Menyebabkan Pikun, Buruk untuk Kesehatan Otak

Selasa, 23 April 2024 - 10:05 WIB
loading...
7 Makanan yang Menyebabkan Pikun, Buruk untuk Kesehatan Otak
Beberapa makanan menyebabkan pikun atau demensia karena memiliki efek negatif pada otak. Makanan ini memengaruhi memori dan meningkatkan risiko demensia. Foto/Saigoneer
A A A
JAKARTA - Beberapa makanan menyebabkan pikun atau demensia karena memiliki efek negatif pada otak. Makanan ini memengaruhi memori dan suasana hati, serta meningkatkan risiko demensia.

Diperkirakan demensia akan mempengaruhi lebih dari 65 juta orang di seluruh dunia pada 2030. Beruntungnya, Anda dapat membantu mengurangi risiko penyakit ini dengan menghilangkan makanan yang menyebabkan pikun .

Meskipun Anda tidak harus menghindari hal-hal ini sepenuhnya, ada baiknya membatasi demi mencegah pikun. Pilihlah diet dengan makanan utuh dan segar untuk lebih mendukung kesehatan otak.

7 Makanan yang Menyebabkan Pikun



Berikut makanan yang menyebabkan pikun dilansir dari Health Line, Selasa (23/4/2024).



1. Minuman Manis


Minuman manis termasuk minuman seperti soda, minuman olahraga, minuman energi, dan jus buah. Asupan tinggi minuman manis tidak hanya memperbesar lingkar pinggang dan meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, tetapi juga berdampak negatif pada otak.

Asupan minuman manis yang berlebihan meningkatkan kemungkinan terkena diabetes tipe 2, yang telah terbukti meningkatkan risiko penyakit alzheimer. Selain itu, kadar gula darah yang lebih tinggi dapat meningkatkan risiko demensia, bahkan pada orang tanpa diabetes.

2. Karbohidrat Olahan


Karbohidrat olahan termasuk gula dan biji-bijian olahan, seperti tepung putih. Karbohidrat jenis ini umumnya memiliki indeks glikemik (GI) yang tinggi. Ini berarti tubuh Anda mencernanya dengan cepat, menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan insulin.

Selain itu, jika dimakan dalam jumlah banyak, makanan tersebut seringkali memiliki kandungan glikemik (GL) yang tinggi. GL mengacu pada seberapa besar suatu makanan meningkatkan kadar gula darah Anda, berdasarkan ukuran porsinya. Makanan dengan GI tinggi dan GL tinggi terbukti mengganggu fungsi otak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)