Makan Daging Kambing Menyebabkan Darah Tinggi, Mitos Atau Fakta?

Senin, 17 Juni 2024 - 07:40 WIB
loading...
Makan Daging Kambing Menyebabkan Darah Tinggi, Mitos Atau Fakta?
Sebagian orang percaya bahwa makan daging kambing menyebabkan darah tinggi. Beberapa penelitian mengevaluasi antara daging merah dan tekanan darah tinggi. Foto/Istock Photo Lisovskaya
A A A
JAKARTA - Sebagian orang percaya bahwa makan daging kambing menyebabkan darah tinggi. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengevaluasi hubungan antara konsumsi daging merah dan tekanan darah tinggi.

Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi daging merah secara berlebihan dapat meningkatkan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi . Namun, tidak ada bukti yang kuat yang secara khusus mengaitkan daging kambing dengan darah tinggi jika dikonsumsi dalam jumlah moderat dan sebagai bagian dari diet seimbang.

Di sisi lain, daging kambing kaya akan protein, zat besi, dan vitamin B12 yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Meski demikian, daging kambing juga mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Dilansir dari Medical News Today, Senin (17/6/2024), peningkatan kolesterol berpotensi menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke otak. Sehingga dapat memicu sakit kepala dan meningkatkan tekanan darah.



Bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti hipertensi, penyakit jantung, atau kolesterol tinggi, konsumsi daging kambing berlebihan dapat meningkatkan risiko peningkatan tekanan darah. Peningkatan tekanan darah setelah makan daging kambing tidak hanya disebabkan oleh lemak jenuh dan kolesterol.

Faktor lain seperti cara pengolahan, jumlah konsumsi, kondisi kesehatan, dan kebiasaan makan juga dapat berperan. Mengonsumsi daging kambing dalam jumlah besar dan dalam waktu yang singkat bisa meningkatkan asupan kalori, lemak, dan natrium secara signifikan, yang berpotensi menyebabkan lonjakan tekanan darah.

Selain itu, cara memasak daging kambing seringkali melibatkan penggunaan banyak garam dan bumbu tinggi natrium. Konsumsi garam berlebihan adalah faktor utama yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Selain itu, metode pengolahan seperti penggorengan juga dapat menambah kadar lemak dalam hidangan tersebut.

Ini artinya, makan daging kambing dalam jumlah moderat tidak secara langsung menyebabkan darah tinggi. Namun, perhatian harus diberikan pada metode pengolahan dan asupan garam yang berlebihan.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6136 seconds (0.1#10.140)
pixels