alexametrics

Buka Gerai Baru, Timberland Kian Gencar Kampanye Nature Needs Heroes

loading...
Buka Gerai Baru, Timberland Kian Gencar Kampanye Nature Needs Heroes
Timberland menggunakan ulang 310 juta botol plastik di seluruh dunia untuk bahan sol sepatu buatannya. / Foto: SINDOnews/Wahyu Nugroho
A+ A-
JAKARTA - Brand fashion outdoor, Timberland menegaskan tekadnya untuk membuat dunia menjadi lebih baik dengan menggunakan bahan-bahan daur ulang dalam produk-produknya. Sejalan dengan kampanye "Nature Needs Heroes", Timberland mengklaim telah menggunakan ulang 310 juta botol plastik di seluruh dunia untuk bahan sol sepatu buatannya.

Brand Manager Timberland Indonesia, Anita Hartanus mengungkapkan bahwa Timberland berusaha memanfaatkan material yang bernama ROR (Recycle, Organic and Renewable) untuk seluruh produk fesyennya, dan menggunakan teknologi terbaru yang disebut ReBOTL. "ReBOTL itu adalah materi botol plastik yang diproses untuk jadi bahan pembuat sol sepatu kami," terangnya dalam pembukaan gerai Timberland di Central Park, Jakarta Barat, Jumat (3/5).

Meski menggunakan bahan dari daur ulang botol plastik, Anita menyebut jika kualitasnya tidak berkurang sama sekali, bahkan masih sama seperti produk yang sebelum-sebelumnya. "Hanya saja sepatunya beratnya lebih ringan. Bahan campuran rubber sama plastik. Komposisinya fifty-fifty antara rubber dengan bahan daur ulang," jelas Anita.



Buka Gerai Baru, Timberland Kian Gencar Kampanye Nature Needs Heroes


Upaya menjaga kelestarian lingkungan yang dilakukan Timberland sendiri bukan kali ini saja dilakukan. Sejak 2001, Timberland sudah melakukan penanaman pohon di seluruh dunia, yang jumlahnya mencapai 10,2 juta pohon. Pada awalnya target 10 juta pohon itu untuk 2020. Namun, saat ini belum memasuki 2020 sudah tertanam 10,2 juta pohon.

Pada 2020 juga, kata Anita, ditargetkan 100 persen material pembuatan seluruh produk Timberland, seperti jaket, sepatu, pakaian maupun tas sudah menggunakan bahan daur ulang atau ROR.

Inovasi yang dilakukan Timberland tersebut mendapatkan apresiasi yang tinggi dari penyanyi yang juga aktivis lingkungan, Agustinus Gusti Nugroho atau yang dikenal Nugie. Pria 47 tahun itu pun mengutarakan, inisiatif yang dilakukan Timberland tersebut merupakan salah satu inovasi yang perlu didukung, karena masalah botol plastik dan plastik pada umumnya masih belum memiliki aturan yang jelas terkait batas penggunaannya.

"Dari sejak 1998 sampai sekarang ya agak sedikit terkejut, ternyata sudah ada virus-virus baru yang ditimbulkan oleh industri itu sendiri untuk mengaplikasikan gaya hidup ramah lingkungan terhadap industrinya," ungkap adik kandung penyanyi Katon Bagaskara itu.

Buka Gerai Baru, Timberland Kian Gencar Kampanye Nature Needs Heroes


Dalam pembukaan store di Central Park, Timberland tidak lupa untuk mengenalkan sejumlah koleksi Nature Needs Heroes untuk Spring/Summer 2019, seperti Boot Ripcord Bungee yang berbahan kulit suede premium dengan gaya slip-on yang memberikan kenyamanan abadi. Dan ada juga jaket bomber Head W Do Good 'OWL dengan kain ripstop ReBOTL yang terbuat dari botol PET daur ulang, dan kaos katun organik 100 persen kelas berat.

Sementara itu, selama kampanye "Nature Needs Heroes", yang telah dikumandangkan sejak akhir April lalu, Timberland akan memberikan diskon sebesar 20 persen. "Selama Mei, seluruh store Timberland di Indonesia memberikan diskon 20 persen dengan hanya membawa satu botol plastik bekas. Ini hanya berlaku untuk pembelian sepatu saja," ucap Anita.

Selain di Central Park yang baru dibuka pada hari ini, store Timberland lainnya di Jakarta bisa ditemui di Pacific Place, Grand Indonesia, Senayan City, Puri Indah Mall dan Pondok Indah Mall. Sedangkan di luar Jakarta, juga terdapat di Bandung, Surabaya, Medan, Bali dan Yogyakarta.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak