Gula Darah 2 Jam setelah Makan Berapa? Segini Normalnya

Rabu, 31 Juli 2024 - 20:15 WIB
loading...
A A A

Pentingnya Memantau Gula Darah Postprandial



Memantau gula darah postprandial penting karena bisa mencegah komplikasi. Kadar gula darah yang tinggi setelah makan dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan organ tubuh dalam jangka panjang.

Memantau dan menjaga kadar gula darah dalam rentang normal membantu mencegah komplikasi seperti penyakit jantung, stroke, dan kerusakan ginjal. Bagi penderita diabetes, pemantauan gula darah postprandial dapat membantu dokter menyesuaikan dosis obat atau insulin untuk mengelola gula darah dengan lebih efektif.

Mengukur gula darah setelah makan juga membantu menilai bagaimana makanan tertentu memengaruhi kadar gula darah. Sehingga individu dapat membuat pilihan makanan yang lebih baik untuk mengontrol gula darah.

Selain itu, pemantauan gula darah postprandial dapat membantu mendeteksi pra-diabetes lebih awal, memungkinkan intervensi dini untuk mencegah perkembangan menjadi diabetes tipe 2.



Faktor yang Mempengaruhi Gula Darah Postprandial



Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kadar gula darah 2 jam setelah makan meliputi:

1. Jenis Makanan

Karbohidrat sederhana seperti gula dan tepung putih dapat meningkatkan gula darah lebih cepat dibandingkan dengan karbohidrat kompleks seperti gandum utuh dan sayuran.

2. Ukuran Porsi

Makan dalam porsi besar dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang lebih tinggi dibandingkan dengan makan dalam porsi kecil.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1386 seconds (0.1#10.140)