alexametrics

3 Cara Merawat Wajah yang Tepat untuk Kulit Berminyak

loading...
3 Cara Merawat Wajah yang Tepat untuk Kulit Berminyak
Kulit berminyak susah-susah gampang perawatannya. Jika salah, bisa menimbulkan masalah seperti jerawat. Namun, dengan perawatan yang baik, kulit akan sehat. (L'Oreal Paris)
A+ A-
JAKARTA - Banyak yang menganggap jika kulit wajah yang berminyak itu merepotkan. Jenis kulit ini menimbulkan berbagai keluhan bagi pemiliknya. Tidak hanya membuat wajah terlihat mengilap, kulit berminyak juga rentan berjerawat. Salah satu cara merawat kulit berminyak tampak bersih dan bebas jerawat adalah dengan mencuci muka dengan benar.

Minyak atau sebum sebenarnya memiliki manfaat dalam menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Namun jika diproduksi secara berlebih, minyak di wajah justru dapat menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan munculnya jerawat.

Aktivitas dan ukuran kelenjar minyak memegang peran utama terhadap jumlah produksi minyak di wajah. Meski penyebab pastinya masih sulit ditentukan, namun ada beberapa faktor yang dicurigai dapat memengaruhi produksi minyak berlebih. Di antaranya adalah perubahan hormon, faktor genetik, konsumsi makanan yang tidak sehat, penggunaan makeup yang tidak tepat dan udara yang panas dan lembap.



Untuk mengetahui apakah kulit wajah Anda tergolong kulit berminyak, perhatikan zona T, yaitu daerah dahi, hidung, dan dagu. Jika pada area tersebut kulit tampak mengkilap dan berminyak saat disentuh, maka kulit wajah Anda termasuk jenis yang berminyak. Jika Anda adalah pemilik kulit berminyak, maka jangan sampai salah melakukan perawatannya agar kulit tetap bersih dan bebas jerawat. Berikut tips merawat kulit wajah berminyak seperti direkomendasikan Alodokter.

1. Pilih pembersih wajah yang tepat
Cucilah wajah setidaknya 2 kali sehari. Gunakan pembersih wajah yang khusus untuk kulit berminyak. Agar bebas dari kotoran dan bakteri penyebab jerawat, Anda bisa memilih pembersih wajah dengan kandungan antibakteri yang lembut dan bebas alkali, seperti montaline C40. Selain itu, pembersih wajah dengan kandungan panthenol atau vitamin B5 juga bisa menjadi pilihan karena dapat mengurangi produksi minyak berlebih, sehingga membantu mengatasi masalah kulit berjerawat. Tidak hanya itu, dua bahan tersebut juga dapat menghidrasi kulit dengan baik, melembapkan, menjaga elastisitas kulit, dan membantu regenerasi kulit, sehingga membuat kulit terlihat halus.

2. Rutin menggunakan scrub
Pemilik kulit berminyak disarankan untuk rutin membersihkan wajah menggunakan scrub setidaknya 2 kali dalam seminggu. Scrub bisa membersihkan wajah hingga ke dalam pori-pori, sekaligus mengangkat sel kulit mati pada wajah. Namun, hindari menggosok terlalu keras, karena dapat menyebabkan iritasi.

3. Gunakan krim wajah
Setelah dibersihkan, gunakanlah krim wajah khusus untuk kulit berminyak. Untuk menjaga kelembapan kulit tanpa menambah produksi minyak, pilih krim wajah yang bersifat mattifying. Akan lebih baik lagi jika menggunakan krim wajah mattifying yang mengandung vitamin, aloe vera, dan asam hialuronat (hyaluronic acid). Sehingga meski produksi minyak berkurang, kandungan tersebut tetap dapat memberi nutrisi dan menjaga kelembapan kulit wajah.

Selain perawatan tersebut, jangan lupa pula untuk menggunakan tabir surya minimal dengan SPF 30, terutama saat berada di luar ruangan. Tujuannya adalah agar kulit tetap terlindungi dari paparan sinar matahari langsung.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak