Sulap Ruangan Jadi Home Office yang Nyaman

Rabu, 27 Januari 2021 - 07:32 WIB
loading...
A A A
Sebelum memulai mencari inspirasi furnitur untuk ruang kerja, Anda perlu memastikan ukuran ruangan yang akan digunakan sebagai home office. Tujuannya agar Anda dapat menyesuaikan ukuran furnitur yang akan dibeli untuk mengisi ruangan tersebut. "Jika ukuran ruangan sempit, pilih furnitur yang berukuran kecil atau berdesain ringkas. Furnitur berukuran besar akan membuatnya tampak lebih penuh dan sempit dan ruangan akan terlihat gelap," kata Lea.

Kemudian perhatikan juga posisi pintu atau jendela yang ada di sekitar ruangan. Dengan begitu, Anda bisa memberikan estimasi penempatan furnitur yang sudah dibeli. Jangan lupa perhatikan pencahayaannya. Jika letak ruangan tidak memungkinkan untuk memperoleh pencahayaan alami dari matahari, Anda bisa menggunakan bohlam dengan cahaya lembut agar suasana ruangan mendukung untuk bekerja.

Selain mengukur besaran ruangan, Anda juga perlu menentukan tema home office. Pikirkan tema atau gaya yang ingin ditonjolkan di dalam ruangan. "Pengunaan warna netral seperti putih di seluruh ruangan dapat memberi kesan sederhana dan bersih pada ruangan,"‎ ungkapnya. Baca juga: Menaker Siapkan Sembilan Jurus Hadapi Tantangan Ketenagakerjaan

Lea menegaskan, memilih furnitur yang tepat adalah kunci dari home office yang nyaman. Namun, sebelumnya Anda harus mempertimbangkan kebutuhan pekerjaan. Pilih furnitur dengan fungsi sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Misalnya ketika mencari meja kerja, jangan hanya melihat keindahan desainnya. Anda yang memerlukan banyak ruang penyimpanan dapat memilih meja kerja yang punya banyak laci. Dengan demikian, satu furnitur dapat berfungsi ganda.

Untuk melengkapi ruangan agar terlihat lebih hangat, Anda bisa menggunakan karpet bulu berukuran sedang dan diletakkan di bawah meja kerja atau di tengah ruangan.

"Salah satu ciri khas dari penataan ruang kerja ala Skandinavian adalah hadirnya elemen natural, misalnya saja elemen kayu. Kita bisa gunakan meja dan kursi yang menggunakan elemen kayu. Jika memiliki bugjet lebih, bisa menambahkan aksesori tambahan seperti lantai kayu sintetis atau rak penyimpanan bermaterial kayu," jelas Lea.

Memilih ruang kerja dengan desain Skandinavia tidak lengkap rasanya tanpa penggunaan aksesori tambahan seperti tanaman hias atau lukisan dinding dengan frame sederhana. Seperti tanaman hias dracaena atau tanaman palsu jika khawatir tidak memiliki banyak waktu untuk merawatnya. (Aprilia S Andyna)
(wan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2302 seconds (0.1#10.140)