10 Tradisi Mudik Idul Fitri di Indonesia, Nomor 8 Paling Utama

Sabtu, 22 April 2023 - 16:20 WIB
loading...
A A A
Namun demikian Anda jangan khawatir, biasanya rekayasa lalu lintas sudah dipersiapkan. Sehingga kemacetan yang dialami tidak terlalu parah, dan para pemudik bisa sampai ke kampung halamannya.

6. Baju Baru

Sebagian masyarakat akan mempersiapkan segala sesuatu dengan istimewa, salah satunya adalah membeli baju baru. Hal ini dilakukan untuk menyambut hari yang fitri, sehingga diharapkan mengenakan pakaian serba baru akan memperindah suasana lebaran.

Akan tetapi hal ini tidak wajib, lho. Sebab tidak ada larangan sama sekali jika Anda harus mengenakan pakaian lama. Asalkan rapi dan bersih.

7. Sungkeman

Tradisi mudik selanjutnya adalah sungkeman kepada orangtua atau seseorang yang dituakan.

Adanya sungkeman ini sebagai salah satu simbol saling memaafkan satu sama lainnya. Serta sebagai bentuk penghormatan kepada orangtua.

8. Halal bi halal

Selain sungkeman, salah satu tradisi mudik lainnya adalah mengadakan halal bi halal. Biasanya kegiatan ini dilakukan H+ atau pasca lebaran, bertemu dengan keluarga besar hingga teman-teman terdekat.

Halal bi halal juga merupakan paling utama dari adanya tradisi mudik. Dengan adanya halal bi halal, diharapkan tali silaturahmi bisa semakin terjalin erat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)