10 Tradisi Mudik Idul Fitri di Indonesia, Nomor 8 Paling Utama

Sabtu, 22 April 2023 - 16:20 WIB
loading...
A A A
9. Bagi-bagi THR

Saat mudik, sebagian besar masyarakat akan membagi-bagikan tunjangan hari raya (THR). Biasanya hal ini sangat dinantikan oleh anak-anak, berharap akan menerima salam tempel berupa amplop yang diisi dengan sejumlah uang.

Dilansir dari laman Cash Matters, ternyata salam tempel sudah ada sejak abad pertengahan. Kali pertamanya dilakukan pada saat Kekhalifahan Fatimiyah dari Afrika Utara. Saat itu membagikan uang, pakaian atau permen kepada orang-orang saat hari pertama Lebaran.

10. Liburan

Tak lengkap jika saat mudik tanpa adanya liburan. Momen ini jadi waktu yang tepat untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata, sebelum nantinya kembali ke tempat perantauan dan menjalani aktivitas seperti biasanya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pihaknya telah menyiapkan program-program untuk menunjang momentum libur lebaran dan mudik tahun 2023. Di antaranya menyiapkan media center untuk pemantauan aktivitas wisata selama libur lebaran dan mudik tahun 2023 melalui platform sisparnas.kemenparekraf.go.id

"Kita mampu menghadirkan mudik lebaran yang aman dan nyaman di #IndonesiaAja," katanya saat The Extended Weekly Brief With Sandi Uno, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona,Jakarta Pusat Senin (17/4/2023).
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2130 seconds (0.1#10.140)