10 Cara Cepat Menurunkan Asam Urat Tanpa Obat, Salah Satunya Batasi Makanan Tinggi Purin

Selasa, 15 Agustus 2023 - 18:19 WIB
loading...
A A A

4. Hindari Alkohol


Minum alkohol dapat membuat Anda lebih dehidrasi. Penelitian menunjukkan kondisi ini juga dapat memicu kadar asam urat tinggi. Jenis alkohol tertentu, seperti bir, mengandung kandungan purin yang lebih tinggi daripada yang lain. Namun, minuman beralkohol yang rendah purin dapat meningkatkan produksi purin dalam tubuh.

5. Minum Kopi


Minum kopi dapat membantu mengurangi kadar asam urat serum. Penelitian lainnya juga menunjukkan ada cukup bukti yang mendukung kemampuan kafein untuk menurunkan kadar asam urat. Penelitian yang lebih baru menunjukkan asupan kopi yang sering tidak berhubungan secara signifikan dengan risiko hiperurisemia.



6. Menurunkan Berat Badan


Obesitas dapat menyebabkan peningkatkan kadar asam urat. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan produksi asam urat dan mengurangi ekskresi asam urat melalui urine. Jika Anda kelebihan berat badan, sebaiknya hindari diet iseng dan diet ketat. Bicaralah dengan ahli gizi tentang diet sehat dan rencana penurunan berat badan yang dapat Anda ikuti.

7. Kelola Gula Darah


Penelitian menunjukkan bahwa hiperurisemia terkait dengan perkembangan diabetes dan komplikasi terkait. Orang yang memiliki gula darah tinggi, seperti mereka yang hidup dengan pra diabetes atau diabetes, juga berisiko mengidap hiperurisemia. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi hubungan ini.

8. Konsumsi Serat


Makan lebih banyak serat dapat membantu mengurangi kadar asam urat. Serat juga dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan insulin. Sehingga cenderung meningkatkan rasa kenyang, membantu menurunkan risiko makan berlebihan.

9. Konsumsi Vitamin C


Asupan vitamin C yang tinggi dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk membantu memahami dengan tepat bagaimana vitamin C memengaruhi kadar asam urat dalam tubuh.

10. Makan Ceri


Penelitian telah menunjukkan bahwa makan ceri dan minum jus ceri dapat membantu menurunkan kadar asam urat pada orang yang hidup dengan asam urat. Studi lanjutan diperlukan untuk menentukan efek jangka panjang dari asupan ceri pada kadar asam urat.

(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2777 seconds (0.1#10.140)