7 Penyebab Berat Badan Tidak Bisa Turun Meski Sudah Diet dan Olahraga

Kamis, 07 September 2023 - 20:30 WIB
loading...
A A A
Sekantong keripik atau coklat sepertinya camilan yang sempurna saat emosi yang bergejolak melanda. Untuk memerangi makan emosional, penting untuk mengidentifikasi pemicu dan mengembangkan strategi penanggulangan alternatif seperti meditasi, membuat jurnal, atau mencari dukungan.



4. Tidak Cukup Tidur


Seringkali diabaikan selama penurunan berat badan, tidur memainkan peran penting dalam mengatur hormon yang mengendalikan rasa lapar dan nafsu makan.Ketika Anda kurang tidur, tubuh memproduksi lebih banyak ghrelin (hormon kelaparan) dan lebih sedikit leptin (hormon yang menandakan rasa kenyang).

Selain itu, tidak mengherankan jika begadang di malam hari memicu rasa lapar, sehingga membuat Anda makan berlebihan. Oleh karena itu, usahakan tidur berkualitas selama 7-9 jam setiap malam untuk mendukung upaya penurunan berat badan.

5. Kondisi Medis


Kondisi medis tertentu dapat mempersulit penurunan berat badan. Kondisi seperti hipotiroidisme, sindrom ovarium polikistik (PCOS), dan resistensi insulin dapat memengaruhi metabolisme dan membuat berat badan lebih mudah bertambah dan lebih sulit diturunkan.

Jika Anda merasa ada kondisi medis yang menghambat penurunan berat badan, konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan kesehatan menyeluruh dan dapatkan perawatan yang tepat.

6. Mengonsumsi Gula Berlebihan


Meskipun Anda telah menukar gula biasa dengan stevia atau alternatif lain dalam teh atau kopi, Anda masih mengonsumsi gula berlebih dalam smoothie, minuman bersoda, soda, serta minuman shake.

Saat Anda memikirkan dampak buruk buah, gula, pemanis, dan perasa yang ditambahkan ke smoothie dan jus dapat menambah kalori dan membuat Anda mengalami surplus kalori. Oleh karena itu, penting untuk berlaih secukupnya bahkan saat mengonsumsi kalori cair.



7. Tujuan Penurunan Berat Badan


Menetapkan tujuan penurunan berat badan yang tidak realistis dapat menurunkan motivasi dan membuat Anda merasa gagal. Mengharapkan hasil yang cepat, dengan bantuan diet ketat atau pola olahraga ekstrem, meskipun pada awalnya akan bermanfaat bagi, namun tidak akan berkelanjutan dalam jangka panjang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)