Isu Kesehatan Jiwa Dinilai Urgen Ditangani, Sejumlah Tokoh Inisiasi Gerakan Ini

Selasa, 14 November 2023 - 14:49 WIB
loading...
A A A
Alhasil, temuan kelompok faktorial ini secara langsung mengoneksikan berupa benturan nilai antargenerasi, yang terintegrasi dengan teknologi digital dan sosial media, terhadap isu prioritas kesehatan jiwa anak muda Indonesia.
Hasil studi tersebut pun semakin menguatkan pendirian Kaukus Masyarakat Peduli Kesehatan Jiwa.

Dalam deklarasi, Kaukus Masyarakat Peduli Kesehatan Jiwa menetapkan tujuh butir penting. Kaukus ini dideklarasikan sebagai gerakan bersama berbasis komunitas yang menyadari urgensi kesehatan jiwa melalui advokasi, edukasi, riset, aksi pencegahan, dan mitigasi.

Ray menjelaskan pada butir pertama deklarasi, mereka menyatakan bahwa Kaukus ini merupakan gerakan bersama berbasis komunitas yang menyadari urgensi masalah kesehatan jiwa melalui kegiatan advokasi, edukasi, riset, aksi pencegahan dan mitigasi karena tidak ada kesehatan fisik tanpa kesehatan jiwa.

Kedua, Kaukus diinisiasi secara mandiri semata-mata untuk kepentingan kemanusiaan. Ketiga, Kaukus Masyarakat Peduli Kesehatan Jiwa mendorong para pihak (pemerintah, perguruan tinggi, akademisi, praktisi, organisasi masyarakat dan komunitas, industri, media masa, dan key opinion leader) untuk menjadikan kesehatan jiwa sebagai isu sentral dan prioritas untuk membangun generasi yang sehat jiwa dan raga.

Keempat, Kaukus fokus pada masalah kesehatan jiwa di kalangan ibu dan balita, anak usia sekolah, remaja, usia produktif, dan kelompok rentan.

Kelima, Kaukus meyakini bahwa kesehatan jiwa akan berdampak pada aspek psikologis, ekonomi, dan sosial budaya. Selanjutnya butir keenam, Kaukus Masyarakat Peduli Kesehatan Jiwa mendorong pemerintah sebagai fasilitator dan regulator menyusun program penanganan kesehatan jiwa sejak dini mulai dari masa 1000 HPK, pendidikan dasar dan menengah sebagai bentuk penguatan karakter.

Terakhir, butir ketujuh, Kaukus Masyarakat Peduli Kesehatan Jiwa mendukung para pihak untuk berjejaring dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kesehatan jiwa serta cara-cara penanganannya secara tepat.

Lewat deklarasi melalui 7 poin tersebut,Mereka menekankan bahwa tidak ada kesehatan fisik tanpa kesehatan jiwa. Kaukus ini berdiri mandiri demi kepentingan kemanusiaan dan mendorong berbagai pihak untuk menjadikan kesehatan jiwa sebagai isu sentral dan prioritas.

“Fokus dalam deklarasi ini terutama kaitannya pada masalah kesehatan jiwa di kalangan berbagai kelompok, seperti ibu dan balita, anak usia sekolah, remaja, usia produktif, dan kelompok rentan,”jelas Ray.

Sebagai upaya nyata untuk mengatasi masalah ini, Kaukus mendukung pembuatan program penanganan kesehatan jiwa sejak dini, mulai dari masa 1000 hari pertama kehidupan hingga pendidikan dasar dan menengah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2103 seconds (0.1#10.140)