Dinahkodai Yovie Widianto, FESMI Optimis Majukan Musisi Tanah Air

Kamis, 16 November 2023 - 17:09 WIB
loading...
Dinahkodai Yovie Widianto, FESMI Optimis Majukan Musisi Tanah Air
Yovie Widianto ditunjuk sebagai Ketua Umum Federasi Serikat Musisi Indonesia (FESMI) dan diharapkan dapat memajukan musisi anah air.
A A A
JAKARTA - Federasi Serikat Musisi Indonesia (FESMI) secara resmi telah melantik kepengurusan baru untuk periode 2023-2026. Yovie Widianto ditunjuk sebagai Ketua Umum menggantikan Candra Darusman yang memimpin sejak berdirinya organisasi ini pada tahun 2020 lalu.

Melihat pergantian kepengurusan periode kedua, Candra Darusman menyatakan optimismenya akan keberlangsungan FESMI untuk terus memperjuangkan hak-hak para musisi Indonesia.

“Saya senang sekali, karena FESMI sudah memperlihatkan kelompok generasi baru. Kalau dulu saya, 70 persen itu generasi baby boomers, 30 persen sisanya generasi milenial. Di bawah Yovie, sekarang justru 70 persen itu generasi milenial, 30 persen sisanya baby boomers,” kata Candra Darusman saat peresmian kepengurusan baru di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta Pusat, Kamis, (16/11).

“Saya rasa perjalanan FESMI untuk semakin memperjuangkan hak-hak musisi masih jauh dari target. Tapi saya percaya dengan generasi yang lebih progresif, target tersebut bisa tercapai. Di bawah Yovie, saya percaya FESMI bisa dibawa lebih jauh lagi, dan lebih dari apa yang sudah dilakukan sebelumnya,” lanjutnya.

Setelah menyelesaikan tugasnya sebagai Ketua Umum, Candra Darusman tetap berada dalam FESMI sebagai Dewan Pembina.

Dalam kesempatan itu, Yovie Widianto selaku Ketua Umum baru menyampaikan harapannya pada FESMI. Kebermanfaatan organisasi ini bagi industri musik ingin dipaparkan dalam pertemuan siang tadi.

“Kami ingin meneruskan segala manfaat keanggotaan organisasi yang sudah terbangun agar dapat sustain. Mempererat hubungan dengan musisi di pusat dan daerah untuk tujuan mengenalkan pentingnya berorganisasi demi keberlanjutan profesi, baik melalui digital dan juga komunikasi langsung yang berdampak dan efektif,” ungkap Yovie Widianto.

Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, FESMI era kepemimpinan Candra Darusman telah melakukan upaya untuk memberdayakan fungsi organisasi dan bersinergi dengan berbagai stakeholder untuk memberi manfaat kepada musisi.

Termasuk di antaranya memberi solusi untuk tantangan yg ada di industri. Hal tersebut diterapkan dengan membangun sistem yang memungkinkan perlindungan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan hari tua bagi anggota dikerjasamakan dengan pihak BPJS Jamsostek dalam mewujudkan perlindungan di atas, juga dalam mensosialisasikannya melalui dialog #DISPERSI

Musisi kelahiran Bandung, 21 Januari 1968 ini juga menyampaikan ajakannya pada musisi di berbagai daerah untuk membentuk serikat dan bergabung bersama FESMI. Adapun, terdapat Serikat Musisi Indonesia (SMI) dari beberapa provinsi yang sudah bergabung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1882 seconds (0.1#10.140)