Program Tambah Kebaikan di Bulan Ramadan Sasar Lingkungan Rentan Dapatkan Akses Kebersihan

Jum'at, 05 April 2024 - 14:58 WIB
loading...
Program Tambah Kebaikan di Bulan Ramadan Sasar Lingkungan Rentan Dapatkan Akses Kebersihan
Dettol Indonesia mengajak masyarakat untuk meningkatkan rasa solidaritas sesama umat manusia melalui kampanye Tambah Kebaikan di Bulan Ramadan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ramadan tidak hanya sebatas menahan lapar, dahaga, dan hawa nafsu sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari, tapi juga momentum untuk menguatkan ketaqwaan yang lebih baik sekaligus memperbanyak amal baik. Amal baik tersebut dapat diraih melalui bersedekah kepada sesama yang membutuhkan sembari meningkatkan rasa solidaritas sosial.

Menyadari makna mendalam pada kesakralan bulan Ramadan, Dettol Indonesia mengajak masyarakat untuk meningkatkan rasa solidaritas sesama umat manusia melalui kampanye Tambah Kebaikan di Bulan Ramadan. Kampanye ini digagas Dettol bersama Alfamart guna menyediakan akses langsung pada sabun batang antibakteri selama satu tahun penuh bagi 855 kepala keluarga di Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.

“Di bulan yang suci ini, umat muslim berlomba-lomba untuk menambah catatan amal kebaikan melalui ibadah puasa Ramadan, salat tarawih, hingga menunaikan zakat fitrah agar seluruh umat dapat merasakan kebahagiaan di hari raya. Kampanye Tambah Kebaikan di Bulan Ramadan ingin turut menyertai ibadah Ramadan masyarakat dengan memberikan akses kebersihan pada keluarga di lingkungan yang rentan agar tetap terjaga dari kuman selama beribadah,” kata Alvin Wiradarma, Marketing Manager Dettol Indonesia.

Alvin menjabarkan, Dettol sebagai merek antiseptik terpercaya memiliki misi besar untuk dapat terus melindungi keluarga di Indonesia. Itulah mengapa kampanye ini berfokus untuk membantu keluarga yang tinggal di lingkungan rentan agar mendapatkan edukasi dan akses pada fasilitas kebersihan, karena melalui lingkungan dan komunitas yang bersih akan terbentuk masyarakat yang sehat.

Kebersihan diri menjadi kunci penting bagi umat muslim untuk dapat beribadah dengan khusyuk dan sempurna. Namun, berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah rumah tangga di Indonesia dengan sanitasi layak sejak 2022 hingga 2023 hanya mengalami kenaikan 1.44% . Padahal, fasilitas sanitasi dan kebiasaan baik seperti mencuci tangan dengan sabun turut berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kebutuhan terdahap akses fasilitas kebersihan dirasakan lebih mendalam bagi keluarga yang berada dalam komunitas rentan dan lingkungan yang kurang mendukung.

“Lingkungan yang bersih dan akses yang memadai untuk fasilitas kesehatan dapat berpengaruh besar pada ibadah puasa Ramadan. Makanan dan minuman yang kita santap melalui tangan yang bersih akan menjaga kita tetap sehat sepanjang menjalankan ibadah puasa. Melalui gerakan cuci tangan pakai sabun (CTPS) dapat menurunkan risiko penyakit diare hingga 30%2 dan penyakit pencernaan lainnya yang sebisa mungkin dihindari saat berpuasa," terangKetua Umum PB IDI DR. dr Mohammad Adib Khumaidi, Sp.OT.

“Tubuh yang sedang berpuasa menjadi lebih rentan karena asupan makanan yang terbatas. Mengingat cuaca yang juga sedang tidak menentu, daya tahan tubuh perlu dijaga dari penularan virus serta bakteri, terutama melalui raga yang bersih dan terjaga," lanjutnya.

Brand Ambassador Dettol Indonesia Reisa Broto Asmoro menambahkan, di tengah cuaca yang tidak menentu dan daya tahan tubuh yang melemah saat berpuasa, kesehatan keluarga perlu untuk selalu dijaga.

"Hal itu bisa dicapai dengan tubuh dan lingkungan yang bersih, dengan langkah yang sangat sederhana yaitu menggunakan sabun anti bakteri yang memiliki perlindungan terpercaya sehingga efektif menjaga kesehatan keluarga setiap hari," katanya.

Menyadari akses terhadap fasilitas kebersihan, terutama sabun antibakteri, di lingkungan rentan masih sangat terbatas, Dettol bekerja sama dengan Alfamart menjalankan program Tambah Kebaikan di Bulan Ramadan. Setiap pembelian produk Dettol Rp30.000 di gerai Alfamart, masyarakat turut membantu keluarga di Bantargebang untuk mendapatkan Sabun Anti Bakteri Dettol selama satu tahun.

“Tentu kolaborasi ini sangat kami sambut baik. Alfamart dengan senang hati memfasilitasi sekaligus mengajak aktif konsumen setia kami yang berbelanja di toko langsung maupun melalui aplikasi Alfagift untuk berpartisipasi memberikan sabun antibakteri selama satu tahun kepada keluarga yang membutuhkan di Bantargebang," ujar Corporate Affairs Director Alfamart Solihin.

Heri Kurniawan, representing Yayasan Tunasmuda Care (T.CARE), menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi program ini dan sangat percaya mampu membantu masyarakat di Bantargebang yang selama ini telah berkontribusi besar pada kebersihan lingkungan.

"Tidak hanya membantu keluarga di lingkungan rentan, setiap kontribusi yang diberikan semoga turut menjadi berkah yang menambah nilai ibadah Ramadan kita semua. Sehingga, kami berharap akan semakin banyak masyarakat yang terlibat dalam kampanye Tambah Kebaikan di Bulan Ramadan dan bersama-sama menciptakan lingkungan yang bersih dan keluarga yang sehat," pungkas Heri.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)