Ini Enam Masalah Kesehatan yang Sering Menyerang Kucing

Kamis, 20 Agustus 2020 - 03:43 WIB
loading...
A A A
Kutu merupakan hewan kecil yang keberadaannya sangat mengganggu. Efek dari adanya kutu adalah rasa gatal, sehingga jika terjadi pada kucing, makasang kucing akan sering menggaruk dan menjilat bulunya. Selain itu juga terjadi kerontokan. Pada kucing yang mengalami gangguan berupa datangnya kutu ini biasanya juga timbul bintik-bintik hitam hingga iritasi. Rasanya pasti sangat mengganggu sehingga perlu segera ditangani. Berikanlah perawatan sesuai dengan petunjuk dokter hewan.

4. Feline Calici Virus

Gejala pada kucing yang terserang feline calici virus adalah berupa penurunan nafsu makan, mata tampak berair, terdapat luka pada bibi atau lidah, sendi terasa nyeri, hidung berlendir, hingga terjadi kesulitan bernapas. Faktor penyebab feline calici virus adalah populasi yang terlalu padat, kurang asupan nutrisi, hingga perubahan suhu ekstrem. Penanganan awal adalah berupa pengisolasian pada kucing terinfeksi, bersihkan kotoran, berikan makanan lunak, dan minta pendapat dokter hewan.

5. Kucing Muntah

Ketika membahas penyakit kucing dan cara merawatnya, tentu tidak luput dari kejadian muntah. Sebagaimana diungkapkan Arya dari rumahhewan.co.id , ada banyak sekali penyebab terjadinya peristiwa ini. Beberapa di antaranya adalah menelan gulungan rambut yang rontok, kehamilan, hingga alergi makanan.

Beda penyebab muntah, maka tidak sama cara penanganannya. Untuk mual akibat kehamilan, kucing dapat dibawa ke dokter untuk memastikan serta meminta saran. Berlaku pula pada alergi. Sedangkan menelan gulungan rambut dapat dicegah dengan merapikan bulu.

6. Diare

Siapa bilang bahwa diare hanya dapat terjadi pada manusia? Penyakit saluran pencernaan ini juga bisa menyerang kucing. Beberapa hal yang dapat menyebabkannya adalah makan terlalu banyak, alergi, infeksi, hingga parasit. Buang air terus menerus akibat diare dapat menyebabkan kucing mengalami dehidrasi. Maka, untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah dengan memberinya banyak air minum serta tidak memberinya makan terlebih dahulu dan periksakan ke dokter hewan jika bertambah parah.

(Baca juga: Bukan Hanya Wanita, Kaum Adam Ternyata Juga Bisa Alami PMS )

Itulah enam masalah umum yang dihadapi kucing dan bagaimana cara penanganannya. Jagalah hewan peliharaan dengan baik agar tidak mengalami permasalah tersebut. Jangan abaikan gelagat aneh yang ditampakkan oleh si imut berkaki empat tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1915 seconds (0.1#10.140)