Tumit Sakit saat Bangun Tidur Apakah Gejala Asam Urat?

Jum'at, 13 September 2024 - 09:40 WIB
loading...
Tumit Sakit saat Bangun...
Tumit sakit saat bangun tidur diyakin banyak orang sebagai gejala asam urat. Kondisi ini merupakan keluhan umum yang bisa dialami oleh siapa saja. Foto/The Feet People
A A A
JAKARTA - Tumit sakit saat bangun tidur diyakin banyak orang sebagai gejala asam urat . Ini merupakan keluhan umum yang bisa dialami oleh siapa saja.

Rasa sakit pada tumit ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Termasuk cedera, gangguan otot, atau masalah sendi. Salah satu kondisi yang sering dianggap sebagai penyebabnya adalah asam urat .

Namun, jika nyeri tumit disertai dengan pembengkakan, kemerahan, dan rasa panas, terutama di malam hari, ada kemungkinan bahwa asam urat menjadi penyebabnya. Untuk diagnosis yang akurat, konsultasikan dengan dokter.

Berikut penyebab tumit sakit saat bangun tidur dilansir dari Health Line, Jumat (13/9/2024).

Tumit Sakit saat Bangun Tidur Apakah Gejala Asam Urat?





1. Plantar Fasciitis


Kondisi ini adalah salah satu penyebab paling umum dari nyeri tumit, terutama setelah bangun tidur. Plantar fasciitis terjadi ketika jaringan ikat yang membentang di sepanjang telapak kaki (plantar fascia) mengalami peradangan.

Gejala utamanya adalah rasa nyeri tajam di tumit, terutama pada langkah pertama setelah bangun tidur atau setelah duduk lama. Penyebabnya bisa karena aktivitas fisik yang berlebihan, obesitas, atau sepatu yang tidak mendukung kaki dengan baik.

2. Asam Urat


Asam urat adalah jenis artritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di sendi. Kristal ini terbentuk ketika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi. Serangan asam urat biasanya ditandai denga nyeri yang hebat, bengkak, dan kemerahan pada sendi, terutama di jempol kaki.

Meskipun lebih sering memengaruhi jempol kaki, serangan asam urat juga bisa memengaruhi sendi lain, termasuk tumit. Namun, rasa nyeri akibat asam urat biasanya disertai dengan pembengkakan dan rasa panas pada sendi yang terkena.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)