Ilmuwan Kembangkan Pendeteksi Covid-19 pada Pasien tak Bergejala dari Rekaman Batuk

Kamis, 05 November 2020 - 10:00 WIB
loading...
Ilmuwan Kembangkan Pendeteksi Covid-19 pada Pasien tak Bergejala dari Rekaman Batuk
Ilmuwan sedang mengembangkan perangkat yang bisa mendiagnosa covid-10 pada penyitas covod-19 tanpa gejala. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Para ilmuwan telah mengembangkan model kecerdasan buatan (AI) yang diklaim dapat mendiagnosis pasien Covid-19 tanpa gejala dari orang sehat melalui rekaman batuk mereka, dan menunjukkan hasilnya pada aplikasi ponsel.

Peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) di AS menemukan bahwa orang yang asimtomatik atau tidak memiliki gejala berbeda dari orang sehat dalam cara mereka batuk. Perbedaan ini tidak dapat diuraikan dengan telinga manusia, tetapi dapat diketahui oleh kecerdasan buatan ini.

Baca juga : Covid-19 Bisa Berlangsung Lama, Perilaku Jadi Penentu

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam IEEE Journal of Engineering in Medicine and Biology, tim tersebut menjelaskan model AI yang membedakan orang tanpa gejala dari orang sehat melalui rekaman batuk paksa.

Rekaman ini diserahkan oleh orang-orang secara sukarela melalui browser web dan perangkat seperti ponsel dan laptop. Para peneliti melatih model tersebut pada puluhan ribu sampel batuk, serta kata-kata yang diucapkan.

Ketika mereka memberi model rekaman batuk baru, secara akurat mengidentifikasi 98,5% batuk dari orang yang dipastikan mengidap COVID-19. Ini termasuk 100% batuk dari asimtomatik yang melaporkan bahwa mereka tidak memiliki gejala tetapi telah dites positif terkena virus corona baru.

Tim sedang bekerja untuk menggabungkan model ini ke dalam aplikasi yang ramah pengguna. Jika disetujui dan diadopsi dalam skala besar berpotensi menjadi alat pra-penyaringan yang gratis, nyaman, dan non-invasif untuk mengidentifikasi orang-orang yang cenderung asimtomatik untuk COVID-19.

Seorang pengguna dapat masuk setiap hari, batuk ke telepon mereka, dan langsung mendapatkan informasi tentang apakah mereka mungkin terinfeksi dan karena itu harus mengonfirmasi dengan tes formal.

"Penerapan alat diagnostik kelompok yang efektif ini dapat mengurangi penyebaran pandemi jika semua orang menggunakannya sebelum pergi ke ruang kelas, pabrik, atau restoran," kata Brian Subirana, ilmuwan peneliti di Laboratorium Auto-ID MIT.

Dilansir dari Times Now News, Kamis (5/11) sebelum pandemi muncul, kelompok penelitian telah melatih algoritme pada rekaman ponsel batuk untuk secara akurat mendiagnosis kondisi seperti pneumonia dan asma.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)