8 Minuman yang Menurunkan Kolesterol dengan Cepat usai Makan Daging Kurban

Selasa, 11 Juni 2024 - 23:55 WIB

4. Jus Tomat



Tomat mengandung kaya akan senyawa yang disebut dengan likopen, yang dapat meningkatkan kadar lipid dan menurunkan kadar kolesterol. Olahan jus tomat dapat meningkatkan kandungan likopennya dengan serat-serat penurun kolesterol dan niasin. Untuk menurunkan kadar kolesterol lebih maksimal, Anda dapat membuat jus tomat tanpa menambahkan garam.



5. Smoothie Buah Beri



Buah beri, seperti stroberi, bluberi, blackberry, dan raspberry mengandung kaya akan antioksidan dan serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan rendah kalori dan lemak. Anda dapat membuat smoothie buah beri dengan mencampurkan sekitar 80 g buah beri apa pun. Kemudian campurkan buah beri dengan 1/2 cangkir susu rendah lemak atau yogurt dan 1/2 cangkir air dingin.

6. Minuman yang Mengandung Sterol dan Stanol



Sterol dan stanol adalah bahan kimia tumbuhan yang dapat menghalangi penyerapan sebagian kolesterol. Namun, sayuran dan kacang-kacangan mengandung sterol dan stanol yang rendah, sehingga tidak dapat menurunkan kolesterol secara maksimal. Adapun untuk meningkatkan kadar sterol dan stanol, biasanya dengan menambahkan bahan-bahan ini ke dalam minuman, seperti yogurt, susu, dan jus buah.

FDA menyatakan bahwa baik untuk mengonsumsi 1,3 g atau lebih sterol dan 3,4 g stanol per hari. Anda dapat mengonsumsi sterol dan stanol dengan makanan yang mengandung lemak jenuh untuk efektivitas.

7. Minuman Kakao



Kakao adalah bahan utama dalam coklat hitam yang mengandung antioksidan, atau disebut flavonoid yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Produk kakao dapat menurunkan kolesterol jahat. Namun, minuman yang mengandung olahan coklat mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi apabila dikonsumsi berlebihan. Penting untuk membatasi konsumsi coklat dengan tambahan gula, garam, dan lemak.

8. Smoothie Susu Nabati



Banyak jenis susu nabati yang mengandung bahan yang dapat membantu menurunkan atau mengontrol kadar kolesterol. Anda bisa membuat bahan dasar smoothie dengan susu kedelai atau susu oat, kemudian mencampurkan 250 ml susu kedelai atau oat dengan buah atau sayuran penurun kolesterol, seperti pisang, anggur, plum, mangga, melon, kangkung, bayam, dan labu.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More