7 Karbohidrat Pengganti Nasi Putih yang Lebih Sehat, Pilihan untuk Diet Seimbang

Selasa, 17 September 2024 - 15:20 WIB

2. Ubi Jalar



Ubi jalar adalah sumber karbohidrat yang tidak hanya lezat, tetapi juga kaya nutrisi. Setiap 100 gram ubi jalar matang mengandung sekitar 20 gram karbohidrat, tetapi ubi jalar juga mengandung beta-karoten, serat, dan berbagai vitamin seperti vitamin A dan C.

Kandungan gulanya lebih rendah dibanding nasi putih, sehingga lebih cocok untuk mereka yang ingin menjaga kadar gula darah. Kandungan antioksidan beta-karoten ubi jalar bisa menyehatkan mata dan kulit. Makanan ini juga lambat dicerna karena seratnya yang tinggi, sehingga menjaga rasa kenyang lebih lama.

Ubi jalar juga bisa menjaga kestabilan gula darah dengan kandungan karbohidrat kompleksnya. Ubi jalar bisa diolah dengan cara direbus, dipanggang, atau dikukus, dan bisa digunakan sebagai pengganti nasi dalam berbagai hidangan sehari-hari.

3. Oat



Oat adalah pilihan sarapan yang sehat, tetapi juga bisa menjadi pengganti nasi putih sebagai sumber karbohidrat kompleks. Setiap 100 gram oat kering mengandung sekitar 66 gram karbohidrat, dengan serat larut beta-glukan yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Kandungan serat dalam oat jauh lebih tinggi daripada nasi putih, menjadikannya pilihan yang baik untuk menjaga kenyang lebih lama. Kandungan serat larut dalam oat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Konsumsi oat juga menjaga stabilitas kadar gula darah, baik untuk penderita diabetes, dan memberikan energi bertahan lama dengan karbohidrat kompleksnya. Oat bisa disajikan dalam bentuk bubur oatmeal atau digunakan sebagai bahan tambahan dalam kue dan makanan panggang lainnya.



4. Barley (Jelai)

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More