Dengan Cara Ini, Keluarga Sehat dan Produktif di Bulan Puasa

Kamis, 06 April 2023 - 11:50 WIB
loading...
Dengan Cara Ini, Keluarga Sehat dan Produktif di Bulan Puasa
Tubuh bugar merupakan syarat mutlak untuk tetap produktif saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.
A A A
Tubuh bugar merupakan syarat mutlak untuk tetap produktif saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Dari sekian banyak siasat, salah satu cara paling umum untuk menjaga tingkat kebugaran tubuh di bulan puasa adalah dengan mengonsumsi suplemen seperti madu manuka yang merupakan jenis madu asal Australia dan Selandia Baru.

Bicara soal madu manuka, cairan yang dihasilkan oleh lebah monofloral ini bisa dibilang merupakan suplemen paling tepat untuk dikonsumsi anggota keluarga selama menjalani puasa. Selain memiliki khasiat umum seperti menjaga daya tahan tubuh secara alami, rasanya tidak berlebihan untuk menjuluki madu manuka sebagai suplemen multiguna terbaik bagi keluarga yang sedang berpuasa. Pasalnya, substansi satu ini mengemas banyak sekali kelebihan universal yang dapat dirasakan oleh seluruh anggota keluarga secara bersamaan dan tanpa terkecuali. Alhasil, tidak perlu lagi yang namanya menyediakan suplemen berjenis spesifik atau dalam jumlah banyak untuk memenuhi kebutuhan tertentu kala berpuasa, karena seluruh kegunaan tersebut sudah bisa ditemukan dalam setetes madu manuka.

Manfaat Madu Manuka All-in-One untuk Keluarga

Adapun, konsumsi madu manuka sendiri idealnya dilakukan sebanyak dua kali sehari, yakni waktu sahur dan berbuka. Diketahui, madu manuka mempunyai indeks glikemik rendah yang bisa menjaga kestabilan gula darah. Oleh karena itu, madu manuka sangat baik untuk diminum saat sahur oleh penderita gula darah tinggi seperti pasien diabetes demi meminimalisir lonjakan gula darah ketika berpuasa.

Di sisi lain, madu manuka juga mengandung glukosa dan fruktosa yang dapat membantu mengembalikan energi, yang hilang setelah berpuasa. Karenanya, madu manuka pun cocok dikonsumsi setelah berbuka, khususnya bagi para anggota keluarga yang baru saja menjalani hari sarat kegiatan fisik.

Tak ketinggalan, madu manuka dapat membantu sejumlah organ tubuh beradaptasi dengan perubahan pola makan yang terjadi selama satu bulan berpuasa. Sifat anti-inflamasi madu manuka mempunyai kemampuan mengatasi masalah pencernaan macam perut kembung yang acap dialami saat menjalankan ibadah puasa. Selain itu, madu manuka juga memiliki efek prebiotik yang dapat membantu menjaga kesehatan bakteri baik di usus dan menangkal berbagai risiko penyakit pencernaan.

Dengan Cara Ini, Keluarga Sehat dan Produktif di Bulan Puasa


Bila masih kurang, kandungan triptofan pada madu manuka juga mampu mendongkrak tingkat produksi hormon melatonin yang dapat membantu memperbaiki kualitas tidur. Bahkan, studi dalam Archives of Psychiatric Nursing yang dilakukan pada tahun 2015 silam menyatakan bila salah satu jenis asam amino ini dapat meningkatkan suasana hati.

Dalam kasus madu manuka, madu dari nektar pohon Manuka (Leptospernum scoparium) ini bahkan dilengkapi sejumlah nilai tambah yang tidak dapat ditemukan di madu pada umumnya. Diketahui, keunggulan-keunggulan tambahan pada madu manuka tersebut mencakup properti penyembuhan luka hingga baik untuk menjadikan kulit glowing serta menjaga kesehatan gigi serta mulut.

Kabar baiknya, seluruh khasiat itu relatif tidak memiliki efek samping selama dikonsumsi dalam jumlah moderat. Menurut sejumlah hasil studi serta pendapat ahli, 2-3 sendok teh dalam sehari merupakan takaran saji yang disarankan untuk menghindari risiko dampak negatif sembari merasakan manfaat terbaik madu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)