7 Vitamin yang Bagus untuk Program Hamil, Asam Folat Cegah Keguguran

Selasa, 20 Agustus 2024 - 07:00 WIB
loading...
7 Vitamin yang Bagus...
Ada beberapa jenis vitamin yang bagus untuk program hamil (promil). Merencanakan kehamilan adalah langkah penting dalam kehidupan seorang wanita. Foto/Dr. Laurie Terzo
A A A
JAKARTA - Ada beberapa jenis vitamin yang bagus untuk program hamil (promil). Merencanakan kehamilan adalah langkah penting dalam kehidupan seorang wanita, dan persiapan nutrisi yang baik dapat meningkatkan peluang kehamilan yang sehat.

Salah satu aspek kunci dalam persiapan ini adalah memastikan bahwa tubuh mendapatkan vitamin yang tepat. Asam folat, vitamin D, B6, E, C, zat besi, dan zinc adalah beberapa nutrisi kunci yang harus diperhatikan dalam program hamil .

Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin ini atau mempertimbangkan suplemen jika diperlukan, dapat meningkatkan peluang keberhasilan program hamil. Selain itu, vitamin juga bisa mendukung kesehatan ibu serta janin selama kehamilan.

Berikut adalah vitamin yang bagus untuk program hamil dan manfaatnya dalam mendukung kesuburan serta kesehatan kehamilan dilansir dari Web MD, Selasa (20/8/2024).

7 Vitamin yang Bagus untuk Program Hamil





1. Asam Folat (Vitamin B9)


Asam folat adalah salah satu vitamin yang paling penting dalam program hamil. Vitamin ini sangat penting untuk pembentukan sel-sel baru dan sangat diperlukan selama periode awal kehamilan untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin, seperti spina bifida. Bahkan sebelum hamil, wanita disarankan untuk mengonsumsi asam folat untuk mempersiapkan tubuh dan mengurangi risiko cacat lahir.

Vitamin ini bisa mencegah cacat tabung saraf pada janin, mendukung pembentukan sel darah merah, mengurangi risiko keguguran, dan meningkatkan kesuburan dengan mendukung ovulasi yang sehat.

Sumber asam folat terdiri dari sayuran berdaun hijau (bayam, kale), jeruk dan jus jeruk, kacang-kacangan, asparagus, dan sereal yang diperkaya.

2. Vitamin D


Vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium dan fosfor, yang keduanya penting untuk kesehatan tulang. Selama program hamil, vitamin D mendukung kesehatan tulang ibu dan membantu perkembangan tulang janin. Selain itu, vitamin D juga berperan dalam menjaga keseimbangan hormon, yang penting untuk kesuburan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)