Peringatan Darurat Garuda Biru Tiru Film The Purge, Tentang Apa?

Kamis, 22 Agustus 2024 - 07:06 WIB
loading...
Peringatan Darurat Garuda...
Peringatan Darurat Garuda Biru menjadi viral. Simbol ini pun dinilai meniru film The Purge. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA - Peringatan Darurat Garuda Biru tengan menjadi viral di media sosial, di mana diartikan sebagai seruan keprihatinan, menyuarakan kegelisahan masyarakat akan berbagai isu yang dianggap mengancam nilai-nilai fundamental bangsa.

Simbol Garuda Pancasila dengan latar belakang biru yang disertai tulisan "Peringatan Darurat" ini menjadi representasi keresahan publik pada potensi ancaman terhadap demokrasi, keadilan dan kebebasan di Indonesia.



Peringatan Darurat Garuda Biru ini nampaknya meniru film The Purge, yang memperlihatkan burung dengan dasar warna yang sama, biru dan menandakan kondisi darurat. Tentang apa?

Film The Purge

The Purge merupakan film horor aksi distopia Amerika Serikat yang ditulis dan disutradarai oleh James DeMonaco pada 2013.

Film yang dibintangi Ethan Hawke, Lena Headey, Adelaide Kane dan Max Burkholder ini menceritakan anggota keluarga kaya yang terancam oleh sekelompok pembunuh selama Purge tahunan, suatu malam di mana semua kejahatan, termasuk pembunuhan untuk sementara waktu dilegalkan.

Sinopsis The Purge

Pada 2014, sebuah partai politik yang disebut "New Founding Fathers of America" terpilih menjadi pejabat setelah terjadi keruntuhan ekonomi dan mengesahkan undang-undang yang menyetujui "Purge," sebuah acara tahunan di mana semua kejahatan (termasuk pembunuhan) menjadi legal dan layanan darurat tidak tersedia selama 12 jam. Pada 2022, Amerika Serikat dikatakan telah bebas dari kejahatan, dengan tingkat pengangguran resmi telah turun menjadi 1%.

Pengusaha James Sandin kembali ke rumahnya di komunitas berpagar Los Angeles yang makmur untuk menunggu Pembersihan bersama istrinya, Mary, dan anak-anak mereka, Zoey dan Charlie. Keluarga tersebut diyakinkan bahwa sistem keamanan yang diproduksi oleh perusahaan James akan menjaga mereka tetap aman sementara Zoey bertemu pacarnya, Henry.

Saat Pembersihan tahun ini dimulai, James mengaktifkan sistem keamanan, dan keluarga tersebut bubar untuk menjalani rutinitas sehari-hari mereka. Zoey kembali ke kamarnya dan menemukan Henry, yang telah menyelinap masuk sebelum sistem keamanan diaktifkan, berencana untuk mengonfrontasi ayahnya tentang hubungan mereka.

Sementara, Charlie mengawasi monitor keamanan dan melihat seorang pria terluka meminta bantuan. Dia menonaktifkan sistem untuk sementara waktu agar pria itu masuk, tetapi James bergegas mengaktifkan kembali sistem dan menodongkan senjata kepada pria itu. Henry turun ke bawah, mengarahkan pistol ke James, dan melepaskan tembakan, tetapi James membalas tembakan dan melukai Henry hingga tewas. Selama kekacauan itu, orang asing itu menghilang.

Keluarga itu melihat sekelompok pemuda bertopeng dan bersenjata lengkap tiba di halaman depan melalui kamera pengawas. Pemimpinnya menuntut gelandangan itu, memperingatkan bahwa jika tidak patuh akan mengakibatkan penyerbuan.

Ketika Mary bertanya tentang sistem keamanan, James mengakui bahwa sistem itu tidak mampu menahan serangan yang disengaja. Keluarga itu menemukan dan menangkap orang asing itu untuk diserahkan kepada geng, hanya untuk menyadari bahwa mereka tidak akan lebih baik jika mereka melakukannya dan memilih untuk membelanya dan diri mereka sendiri.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)