Bayi Tetap Sehat pada Masa Pandemi

loading...
Bayi Tetap Sehat pada Masa Pandemi
Covid-19 menjadi pandemi global yang memberikan kekhawatiran bagi masyarakat, khususnya ibu yang mempunyai bayi dan anak balita. Foto/dok
A+ A-
JAKARTA - Covid-19 menjadi pandemi global yang memberikan kekhawatiran bagi masyarakat, khususnya ibu yang mempunyai bayi dan anak balita. Bagaimana menjaga bayi tetap sehat di masa pandemi ini?

Di samping lansia dan penderita komorbid (penyakit penyerta), anak-anak juga cukup rentan terkena virus dan bakteri karena sistem kekebalan tubuhnya yang belum sempurna. Tugas orang tua adalah memastikan anak balita rajin mencuci tangan, memakai masker jika keluar rumah, menjaga jarak, dan memastikan anak tidak menyentuh wajahnya ketika berada di luar. (Baca: Berdoa keburukan untuk Orang yang Menzalimi)

Bagi yang memiliki bayi, sebaiknya selalu jaga kebersihan barang-barang yang menyentuh mulut bayi, seperti dot, botol, teether, dan mainan juga harus diperhatikan. Karena dapat menjadi sumber bakteri dan jamur yang dapat membahayakan kesehatan dan pencernaannya.

Pada masa pandemi ini, kita harus lebih hati-hati terhadap belanjaan yang kita beli. Misalnya dengan mencuci buah dan sayuran untuk menghilangkan zat kimia yang menempel sebelum memasak atau memasukkan ke dalam kulkas. Hal ini sekaligus bertujuan untuk meminimalkan penularan virus korona dari droplet yang mungkin menempel pada permukaan barang-barang belanjaan.



Cuci bersih pula segala perlengkapan bayi. Mengingat bayi suka sekali memasukkan benda ke mulut. Kebiasaan ini selain dapat mengganggu pencernaan, benda yang menyentuh mulut bayi pun dapat memudahkan jamur tumbuh di rongga mulut. (Baca juga: DPR Dorong Pengembangan Pendidikan Indonesia Timur)

Akibatnya, muncul gejala sariawan. "Untuk itu sebaiknya dot, botol, perlengkapan makanan bayi ataupun mainan harus segera dibersihkan agar virus dan jamur tidak menempel. Disarankan mencuci buah, sayur, peralatan dan mainan bayi dengan sabun dan air yang mengalir, jangan hanya merendamnya,” papar Prof DR dr Rini Sekartini SpA(K), Ketua IDAI Jaya.

Untuk membersihkan buah, sayur, botol, dot dan perlengkapan bayi, bisa menggunakan sabun yang diformulasikan khusus untuk keamanan bayi karena sabun biasa mengandung bahan-bahan kimia yang berisiko membahayakan kesehatan bayi.



Prof DR dr Rini Sekartini SpA(K) menyarankan, untuk membersihkan peralatan bayi secara rutin menggunakan sabun. Tapi penting untuk memperhatikan kandungan dari sabun yang digunakan. Secara umum sabun mengandung zat aktif yang dapat membersihkan segala macam kotoran yang melekat di peralatan bayi.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top