Ganjar Pranowo Kunjungi Jayapura, Ini 5 Kuliner Khas yang Harus Kamu Coba!

Rabu, 22 November 2023 - 12:32 WIB
Meskipun teksturnya tidak jauh berbeda dengan udang lainnya, udang selingkuh ini memiliki cita rasa yang lebih gurih. Ketika berada di Kota Jayapura, Anda dapat menikmati kelezatan udang selingkuh ini di berbagai tempat makan atau restoran.

3. Papeda

Salah satu kuliner khas Jayapura yang perlu dicicipi saat mengunjungi kota ini adalah papeda.

Pasti sudah tidak asing bagi banyak orang, papeda dikenal dengan tampilannya yang khas, berwarna putih dan memiliki kelekatannya seperti lem. Apabila dikonsumsi langsung, papeda memiliki rasa yang cenderung tawar atau hambar, sehingga banyak orang menyantapnya dengan kuah kuning atau hidangan lainnya.

Tepung sagu menjadi bahan dasar utama dalam pembuatan Papeda, yang dikenal kaya akan serat dan rendah kolesterol.



4. Sate Ulat Sagu

Kuliner khas Jayapura ini mungkin masih terdengar asing bagi banyak orang. Seperti namanya, sate ulat sagu ini dibuat dari bahan utama ulat sagu yang disajikan menyerupai sate.

Meskipun terdengar asing, hidangan sate ulat sagu merupakan sumber protein yang kaya, dan penduduk setempat sering kali mengonsumsi ulat sagu secara langsung.

Tidak hanya dalam sate, ulat sagu juga sering diolah dengan cara digoreng, ditumis, atau dicampurkan ke dalam sayuran. Makanan unik ini sebaiknya dicoba saat berkunjung ke kota ini, karena sayang untuk dilewatkan.

5. Ikan Bungkus

Selain hidangan dari sagu, kuliner khas Jayapura yang patut dicoba adalah ikan bungkus. Olahan ini menggunakan ikan laut sebagai bahan utama.

Sesuai namanya, ikan bungkus disiapkan dengan membungkusnya dalam daun talas. Meskipun beberapa orang menyamakannya dengan pepes ikan, kehadiran rempah khas dari Papua memberikan cita rasa yang unik dan memikat selera.

Ikan yang telah dibumbui dan dibungkus dengan daun talas kemudian dipanggang di atas bara api.

Demikian 5 kuliner khas Jayapura yang wajib dicoba apabila mengunjungi daerah tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More