Mudik saat Cuaca Ekstrem, Lakukan 8 Langkah Ini Agar Tetap Sehat

Rabu, 12 April 2023 - 11:10 WIB
loading...
A A A

3. Minum Banyak Air


Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, dapat mengeluarkan racun dan meningkatkan energi. Karena itu, sangat disarankan buat pemudik untuk selalu menjaga hidrasi dengan setidaknya minum 2 liter air per hari.

4. Istirahat yang Cukup


Akan sangat terasa melelahkan ketika mudik dengan kondisi kurang tidur. Sehingga istirahat yang cukup sebelum mudik sangat penting. Terlebih, tidur yang cukup mampu mengoptimalkan fungsi imun tubuh, sehingga daya tahan tubuh meningkat. Istirahat yang cukup juga bisa mengendalikan stres.



5. Minum Suplemen


Jika diperlukan, Anda bisa menambahkan suplemen ke rutinitas harian. Asupan suplemen atau multivitamin dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

6. Olahraga


Usahakan olahraga rutin sebelum mudik. Olahraga terbukti dapat mengontrol dan mengatur sel T, jenis sel darah putih yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit atau infeksi.

Olahraga juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang penting dijaga saat cuaca ekstrem. Studi menunjukkan bahwa orang yang rutin olahraga dengan intensitas sedang seperti jalan cepat dapat membantu mengurangi risiko terkena influenza atau serangan flu hingga 50 persen.

7. Kontrol Stres


Stres terbukti menurunkan kekebalan tubuh. Karenanya, disarankan mengelola stres supaya daya tahan tubuh tetap kuat.

8. Menjaga Kebersihan


Menjaga kebersihan seperti mencuci tangan bisa mencegah terkena penyakit. Selain itu, kebersihan juga patut diperhatikan dari segi apa yang akan dimakan. Pastikan makan dan minum dari sumber yang bersih dan higienis, karena sangat memengaruhi kesehatan tubuh.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)