10 Kekurangan dan Kelebihan Daycare, Beri Rasa Aman pada si Buah Hati?

Jum'at, 02 Agustus 2024 - 17:00 WIB
loading...
10 Kekurangan dan Kelebihan...
Kekurangan dan kelebihan daycare menjadi perhatian banyak orang tua belakangan ini, berkaca kasus kekerasaan balita di Depok. Foto/ verywell family
A A A
JAKARTA - Kekurangan dan kelebihan daycare menjadi perhatian banyak orang tua belakangan ini. Hal ini berkaca pada kasus kekerasaan balita di kawasan Harjamukti, Depok, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Meita Irianty sebagai pemilik daycare menjadi tersangka setelah diduga menjadi pelaku penganiayaan tersebut. Dalam video yang diunggah laman Instagram @komisi.co terlihat seorang wanita diduga penjaga Daycare membuka pintu lalu mengangkat bayi dan terlihat sedikit melempar ke sebuah kasur dalam keadaan bayi menangis. Kemudian video lainnya memperlihatkan seorang bayi diinjak menggunakan kaki oleh wanita terduga pelaku penganiayaan.



Sebagai orang tua, Anda pun perlu tahu kekurangan dan kelebihan daycare, sekolah penitipan anak yang menjadi organisasi yang menyediakan perawatan dan pendidikan untuk anak-anak berusia antara 6 minggu hingga 5 tahun.

Meski daycare memiliki banyak kelebihan bagi anak-anak dan orang tua, pusat penitipan anak ini juga memiliki kekurangan tertentu. Dikutip medium, berikut ulasannya.

Kelebihan daycare

1. Sosialisasi
Salah satu kelebihan utama daycare adalah memungkinkan anak-anak bersosialisasi dengan anak-anak lain. Hal ini dapat membantu anak-anak dalam mengembangkan keterampilan sosial yang penting seperti berbagi, bergiliran, dan berbicara dengan orang lain.

2. Program Pendidikan
Banyak daycare menawarkan program pendidikan untuk membantu anak-anak meningkatkan keterampilan kognitif dan bahasa mereka, serta bakat fisik mereka. Program-program ini dapat mencakup kegiatan seperti waktu bercerita dan musik

3. Staf yang Berkualitas
Daycare biasanya memiliki staf yang berkualitas yang terlatih dalam perkembangan anak dan dapat memberikan perawatan dan dukungan yang tepat kepada anak-anak. Mereka juga tersertifikasi dalam CPR dan pertolongan pertama, sehingga orang tua merasa tenang bahwa anak mereka berada di tangan yang kompeten.

4. Kenyamanan
Daycare memungkinkan orang tua untuk mengantar dan menjemput anak-anak mereka pada waktu yang sesuai untuk mereka. Ini sangat berguna bagi orang tua yang bekerja penuh waktu atau memiliki kewajiban lain sepanjang hari

5. Biaya
Mempekerjakan pengasuh anak atau pengasuh bayi pribadi mungkin lebih mahal daripada menggunakan daycare, terutama bagi keluarga dengan banyak anak. Banyak fasilitas penitipan anak memberikan diskon untuk saudara kandung atau partisipasi penuh waktu.

Kekurangan daycare

1. Penyakit
Ketika berbicara tentang daycare, salah satu kekhawatiran utama orang tua adalah kemungkinan sakit. Daycare sering kali menjadi tempat berkembang biaknya kuman dan penyakit yang dapat menular dengan cepat dari satu anak ke anak lainnya. Hal ini dapat mengakibatkan anak-anak mudah sakit dan orang tua tidak dapat bekerja.

2. Perhatian yang Dipersonalisasi
Karena daycare harus merawat banyak anak, mereka mungkin tidak dapat memberikan perhatian yang dipersonalisasi yang dibutuhkan beberapa anak.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)