Jauhi Stres, Ini 4 Cara Simpel Menjaga Kesehatan Mental

Kamis, 05 Januari 2023 - 12:34 WIB
loading...
A A A
Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, guna mendapat manfaat yang maksimal. Selain itu, imbangi juga dengan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Ketika banyak pekerjaan yang menyita pikiran Anda, lakukanlah relaksasi dengan mengatur pernapasan untuk mengusir stres. Pejamkan mata dan tarik nafas dalam-dalam dengan perlahan dan buang pelan-pelan, kemudian ulangi beberapa kali hingga kamu merasa lebih tenang.

3. Mencurahkan Isi Hati (Curhat)

Saat Anda sedang mendapat masalah dan mengalami stres, terkadang Anda membutuhkan orang lain sebagai tempat cerita. Jangan ragu untuk berbagi cerita dan keluh kesah pada orang terdekat yang Anda percayai. Karena, hal itu akan membuat Anda lebih lega.

Bercerita pada orang lain soal masalah yang Anda alami, pun bisa membuatmu berpikir positif, serta mendapatkan saran dan Anda akan lebih mengenal diri sendiri.

Apabila sesuatu yang Anda hadapi terasa kian berat dan merasa tidak mampu mengatasinya, segera meminta bantuan keluarga, sahabat, teman, atau profesional kesehatan mental.

4. Tidur yang Cukup

Pola tidur memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kesehatan mental. Pasalnya, jika kondisi kurang tidur, tubuh akan merasa kelelahan fisik dan mental, dan meningkatkan risiko terkena penyakit kerena kekebalan tubuh melemah.

Baca juga: Awali 2023 Bersama Konten Pilihan Vision+, Ada Hotel Transylvania 3 hingga AFF Mitsubishi Electric Cup

Menurut The National Sleep, untuk orang dewasa, disarankan tidur selama 7-9 jam per hari untuk kesehatan yang optimal. Karena itu, Anda bisa untuk mencoba siklus jam tidur cukup yang teratur setiap hari, untuk menjaga kesehatan mental.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1607 seconds (0.1#10.140)