Sering Sakit Kepala Pertanda Gejala Apa? Waspadai 4 Kondisi Ini

Rabu, 22 November 2023 - 08:00 WIB
loading...
A A A

3. Sakit Kepala Cluster


Meskipun relatif jarang terjadi, sakit kepala cluster sangat parah dan menyerang kurang dari 1 dari 1000 orang dewasa, dengan enam pria untuk setiap wanita terkena dampaknya.

Sakit kepala yang berulang, singkat, namun sangat parah ini terfokus di sekitar satu mata, disertai mata berair, kemerahan, hidung berair atau tersumbat, dan kelopak mata terkulai. Kondisi ini dapat memiliki bentuk episodik dan kronis, sehingga merupakan kondisi yang menantang bagi mereka yang mengalaminya.



4. Sakit Kepala karena Penggunaan Obat Berlebihan


Sakit kepala akibat penggunaan obat yang berlebihan merupakan konsekuensi dari penggunaan obat sakit kepala yang kronis dan berlebihan. Sebagai gangguan sakit kepala sekunder yang paling umum, penyakit ini dapat menyerang hingga 5 persen populasi, dan wanita lebih banyak terkena dibandingkan pria.

Kondisi ini terjadi lebih sering daripada tidak, bersifat terus-menerus, dan sering kali paling buruk saat bangun tidur. Sehingga menyebabkan ketergantungan obat.

Sakit kepala adalah masalah universal yang memengaruhi semua orang. Di antara orang-orang yang pernah mengalami sakit kepala, lebih dari 30 persen melaporkan migrain, dan 1,7–4 persen populasi orang dewasa di dunia mengalami sakit kepala selama 15 hari atau lebih setiap bulannya.

Hanya sebagian kecil orang dengan gangguan sakit kepala yang didiagnosis secara tepat oleh penyedia layanan kesehatan di seluruh dunia. Hal ini menggarisbawahi fakta bahwa sakit kepala sering kali dianggap remeh, kurang disadari, dan kurang diobati di seluruh dunia.

Cara Mengatasi Sakit Kepala



Tetap terhidrasi, menjaga pola tidur teratur, mengelola stres melalui teknik seperti meditasi dan yoga, dan menerapkan rutinitas harian yang konsisten dapat membantu mencegah sakit kepala. Hati-hati dengan pemicu pola makan, batasi asupan kafein, dan sertakan olahraga teratur dalam rutinitas.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2153 seconds (0.1#10.140)