alexametrics

Jaga Pasokan Kebutuhan di Masa Pandemi, Super Indo Terapkan Strategi Berbasis Protokol Kesehatan

loading...
Jaga Pasokan Kebutuhan di Masa Pandemi, Super Indo Terapkan Strategi Berbasis Protokol Kesehatan
Karyawan supermarket Super Indo mengenakan face shield sebagai salah satu upaya penerapan protokol kesehatan di lingkungan tempat kerja. Foto/Dok. Super Indo
A+ A-
JAKARTA - Jaringan supermarket Super Indo menerapkan sejumlah strategi untuk terus melayani masyarakat di tengah pandemi COVID-19 saat ini. Semua dilakukan demi menjaga keselamatan dan kesehatan para pelanggan maupun karyawan Super Indo sendiri.

Menurut Chief Executive Officer Super Indo Johan Boeijenga, menempatkan keselamatan dan kesehatan karyawan serta para pelanggan adalah fokus sekaligus prioritas utama perusahaan di masa pandemi ini. Super Indo berupaya mengatasi krisis yang sedang berlangsung dengan menerapkan strategi serta inisiatif yang menguntungkan masyarakat, karyawan, dan perekonomian Indonesia secara umum. (Baca Juga: Lawan Covid-19, FibreFirst Dukung Seniman lewat Arisan Karya)

"Pandemi COVID-19 masih terus berdampak pada keluarga dan komunitas di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Di Super Indo, kami percaya bahwa yang terpenting adalah tetap fokus pada hal-hal positif dan pada perubahan yang memberikan manfaat. Kita semua terlibat dalam permasalahan ini, dan hanya bisa berhasil jika mengatasinya bersama-sama. Kita percaya setiap orang memainkan peran masing-masing," beber Johan dalam kegiatan "Virtual Ramadhan Media Meet-Up" yang digelar Super Indo, Senin (18/5).

Inisiatif Super Indo telah dijalankan sejak pemerintah menetapkan kebijakan penanganan COVID-19 di Tanah Air. Jaringan supermarket yang sudah memiliki ratusan toko di Jawa dan Sumatera ini menerapkan anjuran pemerintah maupun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam seluruh kegiatan operasionalnya. Upaya ini lagi-lagi dilakukan sebagai bentuk komitmen Super Indo kepada masyarakat untuk tetap bisa melayani dan memenuhi kebutuhan pokok serta barang penting lain.

“Sebagai salah satu industri yang harus tetap beroperasi untuk melayani kebutuhan masyarakat, kami berkomitmen untuk memastikan keselamatan dan kesehatan karyawan serta pelanggan dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah dan WHO. Kami juga terus berkoordinasi dengan pemerintah di tingkat kota dan provinsi untuk mencegah penyebaran COVID-19," timpal Head of Corporate Affairs & Sustainability Super Indo Yuvlinda Susanta.

Tindakan preventif yang dilakukan Super Indo guna mencegah penyebaran COVID-19 di kantor pusat, gerai, dan distribution center yaitu dengan menyediakan materi komunikasi serta edukasi secara lengkap. Juga penerapan protokol kesehatan dan keamanan bagi karyawan maupun pelanggan. Antara lain dengan melakukan pengecekan suhu tubuh, pembagian masker dan vitamin kepada karyawan setiap hari, penyemprotan cairan disinfektan secara berkala, penggunaan masker juga face shield di seluruh area kerja, membuat kebijakan untuk membatasi pengunjung yang berbelanja di dalam gerai, pemasangan layar pelindung di area kasir, pemasangan stiker jaga jarak aman di dalam gerai, serta penyediaan tempat cuci tangan, hand sanitizer dan tisu basah yang dapat digunakan pelanggan.

"Kantor pusat maupun cabang Super Indo juga menerapkan work from home. Semua boleh bekerja dari rumah, disesuaikan dengan jadwal dan task yang harus di-deliver setiap hari," ujar Yuvlinda.

Sebagai bentuk kepedulian, Super Indo menjalankan pula kegiatan Corporate Responsibility guna membantu pemerintah, tenaga medis, serta masyarakat yang terdampak secara kesehatan dan ekonomi melalui beberapa tahap. Pada tahap pertama, Super Indo telah memberikan bantuan kemanusiaan berupa sarung tangan medis serta susu siap minum kepada tenaga medis melalui Gugus Tugas Provinsi DKI Jakarta dan Rumah Sakit Persahabatan.

Pada tahap selanjutnya, yang bakal dilakukan pada 20 Mei lusa, Super Indo berencana memberikan ambulance khusus infeksi yang bisa digunakan untuk penanganan pasien COVID-19 melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Agar donasi kemanusiaan dapat memberikan manfaat yang lebih luas, Super Indo juga bekerja sama dengan BenihBaik.com dalam distribusi bantuan ke tujuh wilayah yang terdampak cukup tinggi antara lain Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Kota Semarang, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kota Surabaya, Kota Palembang, dan Provinsi Lampung. (Baca Juga: Meresapi Peran Ibu di Masa Pandemi)

Tak berhenti sampai di situ, Super Indo mengajak pula pelanggan untuk dapat berdonasi melalui program “Sama-sama Berbagi Berkah” yang bakal disumbangkan melalui yayasan dan panti di sekitar Gerai Super Indo.

Selanjutnya, guna memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan di bulan Ramadhan dan Idul Fitri, Super Indo telah meluncurkan layanan online tambahan yaitu pemesanan daging dan pengiriman hampers lebaran yang dapat dilakukan melalui aplikasi WhatsApp.
(tsa)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak